Kapal Tongkang Kandas di Pantai Bojongsalawe Pangandaran

JABARNEWS | PANGANDARAN – Sebuah kapal tongkang kandas di Pantai Bojongsalawe, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Peristiwa itu pun jadi tontonan warga sekitar pelabuhan Bojongsalawe.

Seorang warga, Heri menerangkan, kapal tongkang tersebut semula ditarik oleh kapal tugboat bernama KNK Persada XV asal Pontianak, Kalimantan Barat.

“Kapal itu terhempas dan kandas di pinggir pantai ketika hendak merapat atau sandar di Pelabuhan Pangandaran Bojongsalawe,” kata Heri, Jumat (20/8/2021), dikutip dari Okezone.

Baca Juga:  Pastikan Anda Sudah Suntik TT Sebelum Menikah Karena Inilah Bahayanya

Pada saat kapal mau sandar ke dermaga, kondisi alun dan angin cukup tinggi sehingga memutuskan tali pengikat antara kapal dengan tongkang terputus.

“Setelah tali terputus kapal tongkang terbawa hanyut oleh gelombang ke pinggir pantai tidak jauh dari pelabuhan,” tambah Heri

Baca Juga:  Camat Jatiluhur Ajak Kuatkan BAZIS

Kapal tongkang itu rencananya akan beroperasi di perairan Pangandaran dengan rute dari Pelabuhan di Bojongsalawe ke pantai barat Pangandaran.

“Prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG pada saat kapal tongkang hendak manuver merapat ke dermaga pelabuhan tinggi gelombang mencapai 2,5 sampai 4,0 meter,” jelasnya.

Baca Juga:  Jelang Pensiun, 37 Persen ASN KBB Galau

Untuk kondisi sinoptik perairan dan Samudera Hindia selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY pada umumnya berpotensi hujan ringan.

“Sedangkan angin pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Tenggara dengan kecepatan berkisar antara 4 sampai 25 knot dengan tinggi gelombang laut berkisar antara 1 sampai 4,0 meter,” pungkasnya. (Red)