Komandan Wing 8 Buka Walet Terampil 2019

JABARNEWS | SUBANG – Komandan Wing 8 Kolonel Pnb Taufiq Arasj mewakili Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI T. Sembiring Meliala, membuka latihan satuan Lanud Suryadarma “Walet Terampil 2019”, di Kantor Wing 8 Lanud Suryadarma, Kalijati, Subang, Jumat (22/3/2019).

Latihan Walet Terampil 2019 dimaksudkan untuk melatih dan menguji kemampuan satuan jajaran Lanud Suryadarma secara terpadu.

“Ini juga dalam upaya mengantisipasi dan menanggulangi kontigensi yang terjadi dan berpedoman pada buku petunjuk operasi TNI Angkatan Udara (AU),” kata Taufiq.

Baca Juga:  Demiz Akan Siapkan Infrastruktur Priangan Timur

Walet Terampil merupakan latihan satuan terpadu sebagai kelanjutan dari latihan perorangan personel Lanud, termasuk unsur Skadron Udara 7 serta dari pemerintah daerah Kabupaten Subang khususnya dinas BPBD.

Latihan ini juga untuk melatih para parjurit TNI melakukan manajemen bencana dengan membuat perencanaan operasi tanggap darurat, seperti pembuatan tenda pengungsian, dapur umum, tenda pengobatan unum dan lainnya.

Baca Juga:  Dua Orang Ini Peras dan Gasak Motor Warga, Modus Ngaku Polisi dan Wartawan

“Perlu juga adanya kesiapsiagaan dan komunikasi antar SKPD, berkoordinasi demi kelancaraan operasi yang akan dilaksanakan. Merujuk pada kecepatan bertindak ketika terjadinya bencana,” ujar.

Sementara itu Wakil Bupati Subang Agus Maskur Rosyadi saat menghadiri pembukaan Walet Terampil 2019, mengapresiasi sekali adanya pelatihan itu. 

“Apa yang dilakukan Lanud Suryadarma ini adalah wujud Darma Bakti TNI, karena tim satuan tugas BPBD bisa belajar kepada TNI bagaimana sigap dan tanggap darurat bilamana terjadi bencana,” kata Agus

Baca Juga:  Pemkot Bandung Berikan Kemudahan Kepemilikan Rumah Bagi Para Pensiunan ASN

Pelatihan ini, lanjut Agus adalah sinergitas yang sangat dibutuhkan Pemkab Subang dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan penanggulangan bencana. 

“Saya atas nama Pemkab Subang sangat berterimakasih kepada Lanud Suryadarma yang telah konsen pada penanggulangan bencana melalui latihan Walet Terampil 2018. Semoga pelatihan ini kelak bisa bermanfaat,” tambah Agus. (Mar)

Jabar News | Berita Jawa Barat