Mengenal Ciri MAP Sensor Rusak Yang Mesti Diketahu, Simak!

JABARNEWS | BANDUNG – Ciri MAP sensor rusak penting para pemilik kendaraan ketahui. Tentu berbagai sensor yang terdapat di dalam kendaraan bisa mengalami kerusakan, misalnya MAP sensor.

Manifold Absolute Pressure (MAP) Sensor memiliki fungsi dalam sistem untuk kontrol elektronik dari konsumsi bahan bakar mesin kendaraan. Untuk mengetahui MAP sensor rusak ada beberapa ciri yang bisa kalian temukan.

Oleh sebab itu berikut ciri-ciri MAP Sensor rusak yakni:

Baca Juga:  Wisata Kampoeng Tulip Bandung, Cocok Untuk Liburan Akhir Pekan

Pertama. Bau Aneh – Salah satu tanda-tanda Sensor MAP yang sedang mengalami kerusakan adalah adanya bau yang aneh. Kesalahan air fuel ratio atau jumlah udara serta bahan bakar yang salah tercampur menjadi satu dalam ruang bakar.

Hal ini dapat terjadi akibat kerusakan map sensor. Seringkali akan ada sedikit udara serta bahan bakar yang tercampur dan menyebabkan bau yang aneh.

Baca Juga:  Stok Vaksin Covid-19 Habis, Pemkab Pangandaran Surati Kemenkes dan Pemprov Jabar

Kedua. Persoalan Akselerasi – Ciri Sensor MAP rusak lainnya adalah adanya persoalan akselerasi. Pada saat Anda menyetir serta menginjakkan kaki pada pedal gas. Tiba-tiba mobil tersentak pada saat berakselerasi dengan cepat.

Bahkan hal terburuk yang dapat terjadi adalah apabila Anda mengisikan bensin dalam kondisi ini, justru mobil akan mati sama sekali. Dalam kondisi ini sebaiknya membawa mobil ke bengkel untuk menghindari hal buruk yang dapat terjadi.

Baca Juga:  Kota Bogor Turunkan Alat Berat untuk Penuhi Kebutuhan Penggalian Lubang Makam

Ketiga. Kenaikan Emisi pada Kendaraan – Ketika MAP sensor memberikan signal beban yang cukup tinggi pada mesin ke PCM. makan akan terjadi peningkatan pelepasan bahan bakar ke silinder.

Maka penghematan bahan bakar pun menyusut. Hal ini akan mengakibatkan emisi pada elemen kimia tertentu akan meningkatkan kabut asap ke udara yang ada di sekelilingnya. (Red)