Mengenal Natto, Tempe Jepang Yang Kaya Akan Manfaat Bagi Kesehatan

JABARNEWS | BANDUNG – Jepang memiliki banyak makanan unik. Salah satu makanan unik di Jepang adalah Natto. Meskipun hanya sedikit orang yang pernah mendengar makanan tersebut, namun saat ini Natto sangat populer di berbagai media sosial.

Hampir sama dengan Tempe di Indonesia. Natto Juga ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Natto diketahui sangat bergizi dan memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh.

Oleh Sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut manfaat Natto bagi kesehatan yakni

Baca Juga:  Siswa SMPN 4 Ciasem Subang Jalani Tes Sambil 'Melantai'

Pertama. Melancarkan pencernaan – Manfaat natto yang sayang dilewatkan yaitu membantu melancarkan pencernaan. Bahan makanan ini termasuk hasil dari makanan fermentasi yang kaya akan probiotik. Bakteri hasil fermentasinya yakni Bacillus subtilis.

Penelitian dari Frontiers in Microbiology membuktikan bakteri Bacillus memperlihatkan manfaat yang sama dengan probiotik terhadap usus manusia. Artinya, ada kemungkinan bakteri pada natto ini bisa melancarkan pencernaan.

Baca Juga:  Dua Kapal Perikanan Ilegal Asal Vietnam Berhasil Ditangkap KKP di Natuna

Kedua. Memperkuat kesehatan tulang – Natto dipercaya dapat memperkuat kesehatan tulang berkat kandungan jenis vitamin K2 di dalamnya. Sebuah studi yang dipublikasikan di Osteoporosis International meneliti dampak asupan natto terhadap kesehatan tulang pria lansia di Jepang.

Setelah menganalisis lebih dari 1.600 peserta, peneliti melihat bahwa peserta yang mengonsumsi lebih banyak natto mengalami peningkatan kesehatan tulang. Mereka percaya bahwa manfaat natto ini dihasilkan dari kandungan vitamin K di dalamnya.

Baca Juga:  Inilah Dibalik Minuman Isotonik Yang Anda Konsumsi Di Bulan Puasa

Ketiga. Tingkatkan kekebalan tubuh – Kandungan sejumlah nutrisi dalam natto ternyata menawarkan manfaat berupa peningkatan sistem imun tubuh. Sebagai contoh, makanan sumber probiotik, seperti natto, berkontribusi terhadap perkembangan bakteri usus yang sehat.

Bakteri baik pada usus ini dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri jahat dan bahkan bisa meningkatkan produksi sistem kekebalan tubuh. (Red)