Ragam Manfaat Ikan Selar Bagi Kesehatan, Bisa Atasi Masalah Tidur

JABARNEWS | BANDUNG – Ikan selar (Selaroides leptolepis) adalah jenis ikan laut yang memiliki ciri berupa garis kuning pada bagian sisiknya. Ikan laut ini bahkan sering disamakan dengan salmon karena mengandung kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan nutrisi dalam ikan selar dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Sayangnya, hal tersebut jarang diketahui oleh orang banyak.

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat ikan selar bagi kesehatan yakni:

Baca Juga:  Kesra Jabar Gate Rp1,6 Triliun, Sidkon Djampi: Jangan Sampai Ormas Keagamaan Lain Cemburu

Pertama. Menjaga kadar kolesterol baik – Jika makan sembarangan dikhawatirkan bisa berdampak buruk pada kolesterol, tidak demikian halnya dengan ikan selar. Sebuah penelitian dari tim Universiti Putra Malaysia, Selangor membuktikan hal ini.

Pada periode intervensi pertama, partisipan mengkonsumsi ikan selar kukus sebanyak 3 kali sehari. Setelah rampung, terlihat bahwa kadar kolesterol HDL meningkat, mirip dengan hasil setelah mengkonsumsi ikan salmon.

Baca Juga:  Hari Jadi Powan Ke-73, Polisi Wanita di Purwakarta Ziarah ke Makam Pahlawan

Kedua. Mengatasi masalah tidur – Bagi yang kerap kesulitan tidur nyenyak di malam hari, mungkin bisa menjajal menu ikan selar. Sebab, sebuah studi dari Oxford University menemukan fakta menarik bahwa asupan DHA membuat kualitas tidur meningkat.

Dalam studi itu, 362 anak mendapat asupan 600 miligram DHA selama 4 bulan. Hasilnya, asupan asam lemak tak jenuh itu menghilangkan potensi masalah tidur.

Baca Juga:  Ada 64 Pejabat Struktural di Kabupaten Bekasi Kosong, Kapan Terisinya?

Ketiga. Menjaga kesehatan mata – Salah satu manfaat ikan selar yaitu menjaga kesehatan mata berkat kandungan vitamin A di dalamnya. Setiap 100 gram ikan selar mengandung setidaknya 45 microgram.

Selain itu, antioksidan dalam vitamin A juga baik untuk menghasilkan fotoreseptor rhodopsin. Fotoreseptor rhodopsin adalah fotopigmen yang berada pada sel batang retina dan bertugas dalam penglihatan di malam hari. (Red)