Mengenal Ragam Manfaat Barley Bagi Kesehatan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Barley atau dikenal juga dengan sebutan jelai adalah salah satu jenis biji-bijian yang kaya akan serat. Barley seringkali dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan roti hingga kue kering. Akan tetapi, selain dapat diolah menjadi roti dan kue.

Meski tidak setenar gandum atau oats, barley juga memiliki segudang nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalam 100 gram barley, terkandung 350 kalori dan beragam nutrisi.

Baca Juga:  Selain Gerakan Pembagian Bansos, Di Garut Ada Cukur Gratis

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut beberapa manfaat barley bagi kesehatan yakni:

Pertama. Mengurangi risiko terjadinya kanker usus – Pola makan sehat dengan biji-bijian yang berserat tinggi, misalnya barley, terbukti dapat menurunkan risiko berbagai macam penyakit kronis, termasuk kanker usus.

Tak hanya itu, barley juga mengandung zat yang bersifat antioksidan dan anti radang. Efek ini menjadikan barley bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga:  Irigasi Tak Berfungsi, Ratusan Hektare Sawah Kekeringan

Kedua. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh – Barley merupakan salah satu jenis makanan tinggi protein dan serat serta rendah lemak. Kandungan serat yang tinggi pada barley dapat mengurangi penyerapan kolesterol.

Sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari risiko penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi, seperti penyakit kardiovaskular.

Baca Juga:  Pesan Jokowi: Daerah Lain Contoh Penanganan Covid-19 di Tasikmalaya dan Kudus

Ketiga. Melancarkan saluran pencernaan – Selain menjaga berat badan, kandungan serat dalam barley juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi.

Kandungan serat dalam barley juga memiliki sifat prebiotik. Ini artinya barley dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Konsumsi barley bahkan dipercaya mampu meredakan peradangan dan meringankan gejala gangguan pada saluran pencernaan. (Red)