Pemkot Bandung Telah Tangani 80% Penderita TBC

JABARNEWS | BANDUNG – Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita menyebutkan saat ini kasus penderita TBC di Kota Bandung mencapai 9.632 kasus atau sekitar 399 penderita per 100 ribu penduduk.

Dari jumlah tersebut menurut Rita Pemerintah Kota Bandung baru bisa menangani pasien penderita penyakit tuberculosis (TBC) sekitar 80 persen.

“Jadi di Kota Bandung ini di dalam 100 ribu penduduk itu sebetulnya harus bisa ditemukan sebanyak 399 kasus. Hanya saja di Bandung untuk pengobatan sampai saat ini baru mencapai 80 persen yang seharusnya dari target 90 persen untuk pengobatan,” ujarnya usai peringatan Hari TB Se-dunia (HTBS) di Balai Kota Bandung, Rabu (28/3).

Baca Juga:  PB NU Sambut Baik Penunjukan Calon Kapolri Listyo Sigit

Penyebaran pasien TBC di Kota Bandung lanjut Rita hampir merata di seluruh wilayah. Terutama di wilayah yang padat pemukiman penduduknya. Serta kondisi lingkungan yang kurang sehat menjadi salah satu faktor potensi penyakit TBC.

Baca Juga:  Polreskab Cirebon Ringkus 19 Pelaku Kejahatan

“Biasanya di daerah-daerah yang padat, crowded dengan ventilasi yang kurang baik sehingga kelembapannya tinggi, pencahayaan juga kurang baik,” katanya.

Sesuai dengan tema peringatan Hari TBC se-dunia yakni ‘Peduli TBC Indonesia Sehat’, ujarnya, Pemkot terus berupaya meningkatkan kesehatan penderita TBC. Fasilitas kesehatan pun menjalani pengobatan dengan prinsip, temukan tuberculosa dan obati sampai sembuh.

“Program pusat pemerintah ini untuk pengobatan penyakit TBC ini dilakukan dengan metoda DOTS dimana obat-obatannya kami dapat dropping dari pusat. Sehingga tidak akan menyulitkan, obat-obat ini sudah tersedia di fasilitas- fasilitas pelayanan kesehatan,” tuturnya.

Baca Juga:  Rupiah Melemah, Pengusaha Keramik Malah Ketiban Untung

Ia mengatakan 90 persen pengobatan pasien TBC menjadi target yang harus dicapai pada tahun 2018 ini. Pihaknya akan berkoordinasi dengan berbagai fasilitas pelayanan kesehatan untuk mendukung penanganan TBC secara menyeluruh. (Dan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat