Puncak Arus Mudik Diprediksi H-3 Lebaran

JABARNEWS | SUBANG – Di ruas Tol Cikopo-Palimanan (Ciali) pada H-7 Lebaran ini, peningkatan arus mudik kendaraan mulai terasa. Sejak Jumat (8/6/2018) hari ini, kendaraan yang melintas di Tol Cipali telah ada peningkatan.

“Sudah mulai terjadi peningkatan traffic. Untuk puncak mudik yang diprediksi akan terjadi pada 3 hari sebelum lebaran tepatnya, 12 Juni mendatang,” kata Kepala Cabang Tol Cipali, Suyitno, Jumat (8/6/2018)

Suyitno mengatakan, volume kendaraan ini diperkirakan terus mengalami peningkatan seiring dengan adanya libur Lebaran. ” Untuk jalur kita jamin tidak ada yang sedang dalam perbaikan atau hambatan,” katanya.

Baca Juga:  Pos SAR Tasik Diresmikan, Tangani Bencana Di Priangan Timur

Pihak operator tol Cipali, PT Lintas Sedaya Makmur (LMS) sendiri pada arus mudik dan balik memfokuskan peningkatan pelayanan di rest area karena kerap menjadi biang kemacetan lantaran padatnya kendaraan yang berhenti.

“Kita tentu saja mengikuti aturan dari Polri bila ada rekayasa lalulintas yakni contra flow di delapan rest area yang ada di Tol Cipali. Sebab, saat arus mudik tahun lalu, kendaraan yang berhenti di rest area membludak,” ungkapnya

Dari pantuan didua rest area yang berada di wilayah Subang yakni rest area KM 86 dan KM 102 sejumlah pemudik sudah mulai terlihat ada peningkatan jika dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Baca Juga:  Bupati Cianjur Herman Janji Siapkan Bansos Selama PPKM Darurat

Sejumlah tempat parkir yang berada di areal rest area sudah mulai dipadati kendaraan pemudik dari Jakarta. Tempat istirahan dan makan serta toilet juga terlihat mulai ramai.

“Hari ini sudah ada peningkatan, kita lihat di rest area KM 102 biasanyakan kalau hari Jumat tidak sepenuh ini. Namun kali ini dari pagi sampai sore mengalami peningkatan,” kata Kapolres Subang AKBP Muhammad Joni saat memantau kesiapan jalur mudik di tol Cipali bersama unsur Muspida Subang, Jumat (8/5/2018).

Baca Juga:  Perpustakaan Rasa Cafe Milik Masyarakat Purwakarta

Kapolres mengatakan untuk puncak arus mudik lebaran tahun ini diprediksi akan terjadi mulai hari Sabtu dan Minggu. Oleh karena itu pihaknya menghimbau kepada pemudik untuk tetap mengikuti arahan dari petugas yang berjaga disepanjang tol Cipali.

Untuk menghindari penumpukan kendaraan yang menyebabkan kemacetan, Kapolres akan berkoordinasi dengan pihak rest area agar memberlakukan pembatasan waktu istirahan, maksimal 1 jam.

“Kita prediksi nanti malam sampai nanti keesokan hari akan ada peningkatan arus, dan puncak arus mudik kita prediksi akan terjadi pada hari Minggu,” katanya. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat