Tiga Manfaat Sambiloto Bagi Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Imun

JABARNEWS | BANDUNG – Daun sambiloto merupakan salah satu tanaman yang dikenal memiliki rasa yang begitu pahit. Namun dibalik itu semua Sambiloto memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Hal tersebut terjadi karena tanaman herbal satu ini juga kaya akan kandungan antioksidan, seperti saponin, terpenoid, tannin, dan flavonoid. Maka dari itu, tak heran jika tanaman satu ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Oleh sebab itu, berikut beberapa manfaat daun sambiloto bagi kesehatan:

Baca Juga:  Sejak Desember 2020, Nakes Di Bandung Barat Belum Terima Insentif

Pertama. Meringankan gejala flu – Beberapa riset menunjukkan sambiloto bermanfaat untuk meredakan gejala flu, seperti bersin-bersin, nyeri tenggorokan, demam, dan batuk pilek, serta mempercepat proses pemulihan flu. Manfaat ini berasal dari kandungan zat yang bersifat anti radang, antibakteri, dan antivirus.

Untuk memaksimalkan manfaat sambiloto tersebut, Anda bisa memilih suplemen sambiloto yang dikombinasikan dengan ginseng. Tentunya hal tersebut bisa kalian coba sebagai obat alternatif.

Baca Juga:  Pastikan Anda Sudah Suntik TT Sebelum Menikah Karena Inilah Bahayanya

Kedua. Memperkuat daya tahan tubuh – Manfaat daun sambiloto selanjutnya yakni dapat meningkatkan imun atau daya tahan tubuh. Sambiloto pun diketahui bermanfaat untuk meningkatkan kerja sistem imun tubuh.

Tanaman herba ini dapat memperbaiki dan merangsang kinerja sel-sel darah putih, sehingga dapat lebih efektif melawan berbagai kuman dan virus penyebab infeksi. Ekstrak sambiloto juga dapat meningkatkan kinerja daya tahan tubuh dalam mendeteksi dan membasmi sel-sel kanker di dalam tubuh.

Baca Juga:  Kunjungi Warga Isoman, Muspika Campaka Purwakarta Berikan Bantuan Ini

Ketiga. Menghambat pertumbuhan sel kanker – Selain bisa meningkatkan sistem imun dan meringankan flu, ternyata sambiloto juga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Beberapa riset di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak sambiloto terlihat dapat menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Meski demikian, belum ada riset yang dapat membuktikan efektivitas tanaman herba ini sebagai obat kanker. (Red)