Tingkatkan Partisipasi, Bakesbangpol Jabar Gelar Harmoni Pesta Demokrasi

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2018, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Barat akan menggelar Harmoni Pesta Demokrasi di Lapangan Pussenif Kota Bandung, Sabtu (5/5/2018) mendatang. Acara tersebut dalam rangka sosialisasi Pilkada di Jawa Barat.

Kepala Badan Bakesbangpol Jawa Barat Ruddy Ganda Kusumah mengatakan, event tersebut merupakan sosialisasi tentang pentingnya menggunakan hak suara dalam gelaran pilkada serentak, khususnya Pilgub Jabar 2018. Menurutnya acara sosialisasi akan dibuat semeriah mungkin, tidak tanggung-tanggung musisi papan atas pun turut diundang agar masyarakat tertarik untuk datang ke acara yang dinamai Harmoni Pesta Demokrasi tersebut.

“Pokoknya hadirkan band papan atas untuk ikut dalam memeriahkan acara tersebut,” katanya kepada wartawan saat ditemui di Bandung, Senin (30/4/2018).

Baca Juga:  Ridwan Kamil Sebut Kinerja PPKM Mikro Jabar Tertinggi di Indonesia

Dengan mengusung tema ‘Memilih Jabar Kondusif 2018’, Ruddy berharap para generasi milenial bisa menghadiri acara yang bakal digelar di Lapangan Pussenif Kota Bandung.

“Ya, kita menyasar para generasi milenial, namun bukan berarti bapak-bapak dan ibu-ibu tidak diikutsertakan. Acaranya sendiri akan digelar hari Sabtu tanggal 5 Mei, dimulai pukul 14.00 WIB – 22.00 WIB,” katanya.

Ruddy mengatakan, acara yang serupa sudah dilakukan di beberapa kota/kabupaten, Menurut dia, hal tersebut dilakukan agar target 70 persen partisipasi bisa tercapai di Pilgub Jabar dan Pilkada di 16 Kota/kabupaten.

“Kita sudah roadshow ke Kabupaten Karawang, lalu dilanjutkan ke Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung dan di Kabupaten Indramayu. Jadi di kota Bandung ini adalah puncak dari acara roadshow Harmoni Pesta Demokrasi,” katanya.

Baca Juga:  Pengaruh Taifun Surigae, BMKG Prediksi Potensi Hujan Lebat di Wilayah Ini

Ruddy menjelaskan acara tersebut akan dibuat semenarik mungkin, karena memang pihaknya akan mengundang para pelajar dan organisasi masyarakat dan kepemudaan.

“Kenapa kami mengundang para pelajar yang nota bene sebagai pemilih pemula, agar bisa mendapat pendidikan politik yang pada akhirnya ikut berpartisipasi menggunakan hak pilihnya, karena nanti selain ada hiburan, di sini juga akan ada pendidikan politik, nanti akan ada grey KPU dan Bawaslu. masyarakat bisa mencari-cari informasi dan lainnya,” katanya.

Ruddy berharap, pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan di Jawa Barat bisa berjalan dengan lancar. Pihaknya ingin, seluruh masyarakat bisa menggunakan hak konstitusinya untuk memastikan kepemimpinan Jawa Barat ke depan harus lebih baik.

Baca Juga:  Bantu Korban Bencana Di Serdang Bedagai, Bupati Berpesan Ini

“Makanya saya mengajak juga seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama menciptakan Pilkada yang damai, aman tanpa ada timbul ekses atau gejolak perpecahan di tengah masyarakat,” harapnya.

Gelaran roadshow ini bakal disemarakkan dengan berbagai kegiatan, seperti menampilkan kesenian tradisional dan door prize bagi peserta. Sebagai acara puncak Pesta Demokrasi Jabar Memilih Jabar Kondusif Tahun 2018, rencananya bakal ada penampilan Band Kotak. Selain itu juga ada akan dimeriahkan dengan penampilan Mat Bitel, Mat Setum, Time Bom Blues, Black Juice, Kawan Baik, New Friend, Jamaicca Sound, Madame Rockers, De Roxxx, The Lizens, Black SG dan Rdj Band. (Wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat