Wanita Sering Mengalami Sakit Pinggang? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Sakit pinggang adalah kondisi kesehatan yang umum yang hampir semua orang pernah mengalaminya. Sakit pinggang biasanya dimulai di bawah tulang rusuk atau disebut di daerah lumbar.

Ada banyak penyebab sakit Pinggang terutama jika terjadi pada wanita. Tentunya hal tersebut bisa kalian cari tau penyebab dari sakit pinggang tersebut.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa penyebab sakit pinggang pada wanita yakni:

Baca Juga:  Gunung Agung Meletus, 7 Negara Keluarkan Travel Advise Ke Indonesia

Pertama. Sindrom Pramenstruasi (PMS) – Penyebab Sakit Pinggang yang pertama yakni PMS. Hal ini biasanya muncul beberapa hari sebelum menstruasi dan bisa menyebabkan wanita mungkin mengalami sakit pinggang.

Selain itu, ada gejala lain yang bisa muncul saat PMS, seperti sakit kepala, mudah merasa lelah, kelelahan, kembung, perubahan suasana hati alias mood, hingga mudah cemas.

Baca Juga:  Mengenal Manfaat Ketepeng Cina Dan Cara Mengolahnya

Kedua. dismenore – Dismenore juga bisa menjadi penyebab munculnya sakit pinggang pada wanita. Dismenore adalah kondisi yang menyebabkan menstruasi terasa sangat menyakitkan.

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko wanita mengalami kondisi ini, mulai dari berusia di bawah 20 tahun, aktif merokok, perdarahan berat saat menstruasi, serta memiliki anggota keluarga dengan gangguan yang sama.

Ketiga. Kehamilan – Wanita yang tengah hamil lebih rentan mengalami sakit pinggang. Bukan tanpa alasan, ada beberapa faktor yang diduga terkait dengan kondisi ini, mulai dari pertambahan berat badan hingga perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh.

Baca Juga:  Anggota Dewan Purwakarta Bersitegang dengan Pekerja Kereta Cepat

Sakit pinggang pada wanita hamil biasanya akan semakin terasa pada usia kehamilan 5 hingga 7 bulan. Hal tersebut terjadi karena ada penambahan berat badan secara signifikan. (Red)