Yossi – Aries Gulirkan Formula Tingkatkan Kesejahteraan 

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai upaya untuk menyelesaikan persoalan kesejahteraan warga Bandung, pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung nomor urut 2, Yossi Irianto-Aries Supriatna berkomitmen akan mengalokasikan minimal 60% dari total anggaran atau APBD Kota Bandung senilai Rp. 7 triliun.

Calon Wakil Wali Kota, Aries Supriatna, mengatakan, di tengah pesat dan megahnya pembangunan di Kota Bandung, ternyata terjadi ketimpangan yang sangat mencolok dalam urusan ekonomi dan kesejahteraan sosial di antara warga Kota Bandung.

Hal ini dibuktikan dengan angka gini rasio yang mencapai 0,42% yang berarti pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung tidak diikuti dengan terjadinya kesejahteraan sosial masyarakat. Pertumbuhan ekonomi, kata Aries, masih hanya dirasakan oleh segelintir kelompok saja.

Baca Juga:  Kisruh DPTHP-2, KPU Majalengka Disorientasi!

Di tengah megahnya Kota Bandung, sambung Aries, masih banyak warga yang hidup sangat miskin. Pengangguran terbuka sangat besar. Banyak anak putus sekolah. Selain itu, masih banyak warga yang hidup di kawasan kumuh dan rumah tidak layak huni.

“Bandung itu kelihatannya megah, indah. Tapi di balik itu, kondisi-kondisi miris setiap hari saya temukan. Banyak sekali warga Bandung yang hidup tidak layak. Itu fakta, bukan cerita khayalan,” kata Aries, saat berdialog dengan warga Kelurahan Pelindung Hewan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Rabu (28/3/2018).

Baca Juga:  Ruang Isolasi Penuh, Satgas Covid-19 Kota Bandung Bakal Tambah Satu Hotel Lagi

Pada kesempatan tersebut, Aries mengungkapkan, pasangan yang dikenal dengan tagline “Bandung Hebat dan Ringkas” itu berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan-persoalan kesejehteraan masyarakat tersebut, mulai dari kemiskinan, pengangguran, kekumuhan, pendidikan, kesehatan hingga pembangunan infrastruktur yang layak dan berkeadilan.

“Untuk menyelesaikan persoalan-persoalan kesejahteraan tersebut, yang paling prinsip adalah berkaitan dengan kebijakan. Kami pasangan Yossi-Aries berkomitmen akan mengalokasilan minimal 60 persen APBD Kota Bandung untuk mengatasi masalah kesejahteraan,” ungkap Aries.

Dengan total APBD Kota Bandung yang senilai Rp 7 triliun, Aries optimistis dapat mengurangi angka kemiskinan, pengangguran, serta mengatasi kawasan kumuh secara signifikan bila 60 persen APBD digelontorkan untuk mengatasi masalah kesejahteraan. Geliat perekonomian masyarakat pun akan tumbuh subur sehingga kesejehteraan nasyarakat akan semakin meningkat.

Baca Juga:  Ragam Manfaat Meniran Bagi Kesehatan, Diantaranya Bisa Cegah Virus

Dia menilai, pembangunan fisik di Kota Bandung sudah cukup baik sehingga fokus pembangunan Kota Bandung yang akan dilakulan pasangan Yossi-Aries ke depan akan fokus pada pembangunan SDM, ekonomi masyarakat serta penyelesaian persoalan-persoalan kesejahteraan sosial.

“Selain program PIPPK yang makin disempurnakan, kami juga punya program pemberdayaan ekonomi kreatif kerakyatan. Kami juga akan bangun balai-balai pelatihan agar watga Bandung punya skill. Ini dapat mengurangi pengangguran,” tutur suami Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwadewi Sundari ini. (Wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat