5 Cara Mengatasi Mobil Ngebul Tanpa Bongkar Mesin

Bengkel Tune Up Terpercaya Untuk Mengatasi Mobil Ngebul (Foto: Otoklix)
Bengkel Tune Up Terpercaya Untuk Mengatasi Mobil Ngebul (Foto: Otoklix)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sebagai pemilik mobil, Anda perlu mengetahui cara mengatasi mobil ngebul tanpa bongkar mesin. Hal ini bertujuan jika suatu saat ketika Anda berkendara, mobil Anda tiba-tiba ngebul, Anda bisa mengatasinya sendiri.

Mobil ngebul bisa terjadi karena beberapa hal. Anda juga perlu mengetahui penyebabnya agar bisa mengatasinya dengan tepat.

Meskipun Anda bisa saja mencari bengkel terdekat dengan mencari informasi di www.otoklix.com. Namun tak ada salahnya Anda juga mengetahui penyebab mobil ngebul dan cara mengatasi mobil ngebul tanpa bongkar mesin.

Penyebab Mobil Ngebul

Masalah mobil ngebul merupakan masalah yang dianggap cukup kompleks. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan mobil menjadi ngebul. Bisa saja mobil ngebul saat berada di tanjakan, ataupun ketika mesin mobil panas. Anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dulu kemudian mengetahui cara mengatasi mobil ngebul tanpa bongkar mesin.

Mobil Ngebul Saat di Tanjakan
Saat melewati tanjakan, pernahkah Anda melihat mobil mengeluarkan asap putih atau pekat yang mengepul? Itulah tanda mobil ngebul dan bisa saja terjadi suatu masalah pada kendaraan tersebut.

Ketika melewati tanjakan dan mobil ngebul, ada beberapa kemungkinan penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab mobil ngebul saat tanjakan dan perlu Anda waspadai.

1. Katup Mesin Bermasalah

Katup mesin merupakan komponen dalam mobil yang memiliki peranan penting. Katup akan mengatur keluar-masuk udara pada ruang pembakaran. Sehingga, jika katup bermasalah maka akan menyebabkan proses pembakaran menjadi tidak optimal. Selain itu, jika katup bengkok juga dapat menyebabkan knalpot mengeluarkan asap yang pekat.

Baca Juga:  Kronologi Penembakan WNI di Texas, Dua Pelaku Masih Berusia Remaja

2. Gigi Transmisi Tidak Sesuai

Selain katup mesin bermasalah dan menyebabkan mobil ngebul, ternyata cara mengendarai mobil yang kurang tepat juga dapat membuat mobil ngebul. Misalnya saja karena adanya gigi transmisi yang tidak pas dengan RPM mesin.

Cara mengendarai mobil yang kurang tepat dapat mempengaruhi pengemudi untuk sigap saat perpindahan gigi. Jika Anda kurang sigap saat melakukan perpindahan gigi maka akan membuat kinerja mesin menjadi besar sehingga mobil ngebul.

Mobil Ngebul Saat Mesin Panas

Selain saat berada di tanjakan, masalah mobil ngebul juga bisa terjadi saat mesin mobil panas. Hal ini dapat terjadi karena adanya masalah pada beberapa komponen. Komponen yang umumnya mengalami masalah adalah komponen silinder dan kepala silinder.

Selain itu, bisa juga mobil ngebul disebabkan oleh oli yang terlalu encer, ring piston yang sudah aus, dan masalah pada seal klep. Kebocoran pada beberapa komponen mesin juga dapat menyebabkan mobil Anda ngebul saat mesin panas.

Cara Mengatasi Mobil Ngebul

Setelah mengetahui penyebab mobil ngebul, Anda juga perlu mengetahui cara mengatasi mobil ngebul tanpa bongkar mesin. Meskipun terdengar cukup rumit, karena kemungkinan terjadi masalah yang serius dan harus dibawa ke bengkel. Namun, tidak ada salahnya Anda mencoba melakukannya sendiri. Berikut ini beberapa cara mengatasi mobil ngebul yang bisa Anda lakukan di rumah.

Baca Juga:  Kesadaran Masyarakat Kurang, Polres Purwakarta Tilang Ribuan Kendaraan

1. Ganti Oli Rutin

Cara mengatasi mobil ngebul tanpa bongkar mesin yang pertama adalah dengan rutin mengganti oli mobil Anda. Oli memiliki peranan yang penting yaitu sebagai pelumas mesin dan mencegah korosi sehingga dapat membantu mesin lainnya agar berjalan dengan lancar.

Jika Anda jarang mengganti oli maka akan membuat kualitasnya menurun sehingga mesin berpotensi untuk rusak dan mengeluarkan asap mengepul. Anda bisa melakukan penggantian oli setiap menempuh jarak 10 ribu km atau 6 bulan- 1 tahun sekali.

2. Hindari Tune Up Berlebihan

Cara kedua untuk mengatasi mobil ngebul adalah sebaiknya Anda menghindari melakukan tune up mesin berlebihan. Tune up berlebihan dan cara tune up yang tidak tepat akan membuat sistem pembakaran di dalam mesin menjadi berantakan. Selain itu, juga dapat membuat mesin panas dan mengeluarkan asap.

Penting juga untuk Anda agar melakukan tune up hanya di bengkel tune up mobil terdekat dan terpercaya yang menjadi mitra Otoklix.

3. Cabut Selang PVC

Baca Juga:  Politik Elektoral, Muswil PPP, Trah Ulama

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mobil ngebul adalah dengan mencabut selang PVC yang berada di dekat saluran udara. Jika terdapat tetesan oli, kemungkinan terjadi kerusakan pada bagian separator.

Oleh karena itu, untuk memastikannya Anda bisa melepas selang tersebut dan mengecek apakah masih ada jejak oli yang tertinggal pada bagian permukaannya. Jika terdapat bekas oli, maka Anda perlu melakukan penggantian selang PVC agar mobil tidak ngebul kembali.

4. Cek Turbocharger

Melakukan pengecekan bagian turbocharger juga merupakan salah satu cara mengatasi mobil ngebul tanpa bongkar mesin. Terlebih jika komponen ini menunjukkan indikator seperti lampu indikator menyala, akselerasi mesin lambat, mesin berisik dan muncul asap ngebul saat gas diinjak maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru.

5. Bersihkan Ruang Pembakaran

Cara mengatasi mobil ngebul tanpa bongkar mesin yang terakhir adalah dengan rutin membersihkan ruang pembakaran pada mobil Anda. Anda bisa membersihkan kerak yang terdapat pada ruang pembakaran tersebut. Tujuannya adalah agar kualitas mesin tetap terjaga sehingga tidak terjadi masalah mobil ngebul.

Demikian informasi tentang cara mengatasi mobil ngebul tanpa bongkar mesin. Sebelum Anda membawa mobil ke bengkel karena masalah mobil ngebul, Anda bisa melakukan beberapa cara tersebut untuk mengatasi masalah mobil ngebul. ***