Air Galon Disebut Bisa Sebabkan Autis pada Anak, Begini Penjelasan Profesor Fakultas Kedokteran UI

Air galon isi ulang disebut bisa menyebabkan autis pada anak
Air galon isi ulang disebut bisa menyebabkan autis pada anak. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Profesor Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Prof. Rini Sekartini, dengan tegas menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara air minum dalam kemasan (AMDK) galon isi ulang dan penyakit autis pada anak-anak.

Menurut Prof. Rini, penyebab pasti dari autis masih belum terungkap sepenuhnya. “Penyebab autis itu masih multifaktor seperti faktor genetik dan lingkungan. Ada juga karena infeksi masa lampau, dan itu bisa terjadi. Tapi, yang pasti air galon isi ulang tidak menjadi penyebab autis. Itu sudah pasti salah,” jelasnya.

Baca Juga:  Air Galon Kemasan Disebut Tak Aman, Ketahui Ini Fakta Sebenarnya

Dalam pernyataan tertulisnya kepada awak media, Prof. Rini menegaskan bahwa anggapan bahwa AMDK galon isi ulang berkontribusi terhadap autis adalah prematur.

Baca Juga:  Robert Alberts Minta Pemain Persib Bandung Hindari Tempat Ramai

Jika benar, sejumlah besar anak di Indonesia yang mengonsumsi air galon seharusnya telah menderita autis, yang tentu saja tidak terjadi. Rini juga menekankan bahwa air galon mengandung mineral yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga:  Mahasiswa Magang Vokasi Universitas Indonesia Telah Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

Dalam masa lalu, terdapat penelitian yang mencoba mengaitkan logam tembaga dengan penyebab autis, tetapi hal ini belum dinyatakan sebagai penyebab pasti. Penelitian semacam ini juga semakin jarang dilakukan, dengan fokus penanganan dan intervensi menjadi prioritas dalam perawatan anak-anak autis.