Angin Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Serdang Bedagai

JABARNEWS I SERDANG BEDAGAI – Sebanyak 45 bangunan rumah warga dan 3 fasilitas umum di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara mengalami rusak ringan dan berat akibat diterjang angin puting beliung, Kamis (22/7/2021) sore.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serdang Bedagai, Henri Suharto menjelaskan, rumah warga mengalami kerusakan akibat angin puting beliung, yakni di Kecamatan Tebing Tinggi sebanyak 4 rumah dan sekolah, Kecamatan Sipispis sebanyak 15 rumah dan 1 Puskesdes, Kecamatan Serbajadi sebanyak 1 rumah, Kecamatan Pegajahan sebanyak 1 rumah dan Kecamatan Dolok Masihul sebanyak 24 rumah.

Baca Juga:  Mengenal Beragam Alat Musik Tradisional Khas Jawa Barat Yang Merdu

“Total ada 45 rumah dan 3 bangunan mengalami rusak ringan dan berat akibat angin puting beliung,” katanya, Jumat (23/7/2021) pagi.

Kata dia, selain merusak bangunan rumah, angin puting beliung juga merusak 3 fasilitas umum dan menumbangkan pohon. Tidak ada korban jiwa, sementara warga yang rumahnya rusak diterjang angin puting beliung mengungsi ke rumah saudara dan tetangga.

Baca Juga:  Cara Jitu Merawat Rambut Kering, Bisa Dilakukan secara Mandiri

“Tidak ada korban jiwa, warga yang rumahnya rusak terpaksa mengungsi ke rumah saudara dan tetangga,” terang Henri.

Terpisah, seorang warga, Suriati mengatakan, angin kencang disertai hujan deras mengguyur Desa Serbananti, Kecamatan Sipispis. Tiba-tiba atap seng rumah miliknya terbang dibawa angin puting beliung.

Baca Juga:  Ribuan Jemaah Haji Furoda Mendadak Gagal Berangkat, Agen Travel Ungkap Penyebabnya

“Sempat ketakutan karena angin kencang itu membawa atap seng terbang membuat air hujan masih kedalam rumah,” ujarnya. (Ptr)