Atasi Perut Kembung Dengan Cara Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Rasa penuh di perut akibat gas memang sangat mengganggu aktivitas Anda. Jika didiamkan, perut kembung akan semakin sakit lantaran tekanan udara di dalam perut tidak dikeluarkan. Karenanya, segera atasi perut bergas secara tuntas dengan 5 cara berikut.

Konsumsi Potasium

Eat banana a day and keep the gassy away. Makanan kaya potasium seperti pisang, mangga, bayam, tomat atau melon mampu mengusir gas yang ada di dalam perut. Selain potasium, makanan tersebut juga memiliki kandungan asam amino yang disebut asparagine yang memiliki fungsi untuk mengeluarkan gas dan cairan berlebih dari dalam organ pencernaan.

Baca Juga:  Puluhan Honorer K2 Minta CPNS Tidak Dibatasi Usia, Begini Jawaban Pemkot Cimahi

Persiapan Saat PMS

Banyak perempuan yang merasakan kembung menjelang menstruasi. Raymond menyarankan untuk menyisipkan makanan dengan kandungan kalsium dan magnesium tinggi di masa tersebut karena mampu meredakan rasa kembung.

Usir Kebiasaan Buruk

Merokok, mengunyah permen karet, minum dengan menggunakan sedotan dan bicara saat makan adalah kebiasaan buruk yang menyebabkan perut kembung. Hal ini dikemukankan oleh Patricia Raymond, M.D., seorang gastroenterologist di Chesapeake.

Pijat Area Perut

Raymond menyarankan Anda untuk memijat bagian abdomen atau perut Anda dengan cara menekan bagian panggul dengan jari Anda kemudian arahkan ke arah atas lalu tekan bagian perut atas. Meski terdengar aneh, namun cara ini ampuh menurut Raymond.

Baca Juga:  Putus Penyebaran Covid-19, Semua Tempat Wisata di Karawang Ditutup

Kurangi Karbohidrat Di Sore Hari

Memasuki sore hari, konsumsi karbohidrat harus segera dibatasi. Makanan seperti roti, pasta atau nasi sebelum tidur hanya akan membuat perut Anda mudah kembung. Ganti dengan serat dari sayuran hijau sebagai menu makan malam.

Batasi Konsumsi Gula Buatan

Makanan atau minuman dengan kandungan gula buatan dan berlebih akan membuat sistem pencernaan terganggu. Akibatnya, Anda akan mengalami diare dan juga rasa kembung yang tidak nyaman. Jika ingin rasa manis, carilah pemanis alami agar perut lebih nyaman.

Baca Juga:  Minuman Hangat Ini Cocok Untuk Anda Nikmati di Musim Hujan

Tingkatkan Aktivitas Fisik

Olahraga selama 15 – 20 menit setiap hari akan membantu Anda untuk tidak mudah mengalami kembung. Meski begitu, Raymond mengatakan bahwa pola makan tetap harus diatur dengan menghindari menu yang dapat memicu sakit perut seperti rasa asam, pedas, atau makanan bergas.

Itulah tadi beberapa cara untuk menghilangkan kembung dan semoga info di atas dapat bermanfaat bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari glitzmedia.co

Jabarnews | Berita Jawa Barat