Banyak Digemari, Beberapa Tanaman Hias Ini Justru Mengandung Racun Berbahaya

Jenis tanaman hias beracun. (foto: istimewa)
  1. Wisteria

Tanaman gantung yang cantik ini berwarna ungu ini populer di Jepang dan China. Namun, bagian bijinya ternyata beracun untuk manusia. Zat saponin yang terkandung dalam bijinya, jika sampai tertelan menyebabkan gejala seperti pusing, muntah, bahkan pingsan.

  1. Philodendron

Ada banyak jenis dari family philodendron yang populer dan jadi koleksi. Bentuk daunnya yang indah menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi perawatannya yang terbilang mudah.

Baca Juga:  Jabarnews Resmi Jadi Media Partner Indonesia Idol 2023, Ajak Penyanyi Muda di Jawa Barat Berkancah di Tingkat Nasional

Gejala keracunan akibat tanaman hias ini adalah iritasi mulut, bengkak, muntah, kesulitan bernapas dan air liur berlebihan.

  1. Belladonna

Belladonna memiliki kandungan zat tropane alkoids yang beracun jika dikonsumsi. Ada beragam efek yang dapat terjadi jika tak sengaja mengonsumsinya, seperti pupil mata membesar, penglihatan kabur, dan halusinasi.

Baca Juga:  Cara Jitu Merawat Rambut Kering, Bisa Dilakukan secara Mandiri

Selain itu, zat racun yang terkandung di dalamnya dapat mengganggu sistem saraf, gangguan pernapasan, hingga keringat berlebih.

  1. Rhododendron dan Azalea
Baca Juga:  Mendidik Anak Usia Dini Di Sentra Bunga

Tanaman hias satu ini memang mempesona. Jika kamu ingin tetap merawat tanaman hias ini, pastikan untuk menempatkannya di tempat yang sulit dijangkau. Sebab, jika sampai tertelan dapat mengakibatkan permasalahan serius seperti sakit perut, sulit bernapas, bahkan kelumpuhan.