Begini Cara Melindungi Diri Dari Cacar Monyet

Cara penularang cacar monyet. (foto: istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Penyebaran kasus cacar monyet (monkeypox) kini semakin meluas. Baru-baru ini Uni Emirat Arab, Republik Ceko, dan Slovenia melaporkan temuan pertama. Sebelumnya, cacar monyet sudah terkonfirmasi setidaknya di 18 negara.

Cacar monyet merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus monkeypox. Virus ini umum ditemukan di wilayah Afrika Tengah dan Barat. Cacar air dikategorikan sebagai penyakit zoonosis yang ditularkan dari hewan pengerat atau hewan primata kepada manusia.

Sebagian besar kasus cacar monyet tidak berbahaya atau mematikan. Pada sebagian besar pasien, cacar monyet cenderung bersifat relatif ringan. Akan tetapi, dalam beberapa kasus yang sangat jarang, cacar monyet bisa berujung pada kematian.

Seperti dilansir dari laman Eat This Not That, Kamis (26/5/2022), cacar monyet dapat memunculkan beberapa gejala. Sebagian dari gejala tersebut mirip dengan flu, seperti batuk, sakit kepala, ingusan, ada merasa lelah.

Gejala lainnya adalah nyeri otot dan pembengkakan kelenjar getah bening. Selain itu, cacar monyet juga kerap memunculkan gejala berupa kemunculan lesi atau lenting berisi nanah pada kulit.

Bagikan: