Begini Tips Menghindari Kasus COD Fiktif yang Bisa Merugikan Kalian

JABARNEWS | BANDUNG – Belakangan ini, kasus COD fiktif marak terjadi. Sebagaimana kalian ketahui, COD atau Cash On Delivery ini menjadi salah satu metode pembayaran yang aman.

Namun, bukan berarti hal curang seperti penipuan tidak bisa dilakukan. Untuk itu, kalian harus hati-hati pada kasus COD fiktif ini.

JabarNews.com melansir dari laman Suara.com, berikut tips menghindari kasus COD fiktif:

Baca Juga:  Carita Pantun: Gajah Lumantung

Pertama. Cek nomor telepon dan nama pengirim – Untuk menghindari modus COD fiktif, apabila menerima paket, harap memperhatikan nomor telepon dan nama pengirim yang tertera di paket.

Jika nomor tidak bisa dihubungi dan nama pengirim terlihat asing, dianjurkan untuk tidak menerima paket tersebut.

Kedua. Beritahu orang rumah jika tidak belanja online – Jika tidak sedang berada di rumah dan tidak melakukan belanja online, beri tahu keluarga di rumah supaya tidak menerima sembarang paket apapun.

Baca Juga:  Mengenal Manfaat Tamanu Oil Bagi Kesehatan, Bisa Sembuhkan Jerawat

Prinsip ini berlaku juga apabila sedang belanja online, pastikan orang di rumah tahu apa yang sedang kita beli.

Ketiga. Berani mengembalikan barang dengan sopan – Berani untuk mengembalikan paket yang tidak dipesan kepada kurir dengan sopan.

Kurir akan membantu untuk mengembalikan paket tersebut ke pihak jasa ekspedisi dan nantinya akan dilanjutkan kepada pihak e-commerce atau social commerce.

Baca Juga:  H-7 , Premium Tersedia Di Jamali

Keempat. Hilangkan jejak data pribadi pada paket – Biasakan untuk memisahkan kertas yang memuat data diri pada paket yang telah diterima, dan menggunting kertas tersebut menjadi potongan kecil.

Upaya ini menjadi penting agar data pribadi tidak disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab. ***