Dampak Sosial Jatigede Harus Masuk 100 Hari Kerja

JABARNEWS | SUMEDANG – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan diminta warga eks genangan Waduk Jatigede, bisa menyelesaikan segala persoalan terkait dampak Waduk Jatigede.

Warga menilai, persoalan yang terjadi di Jatigede kategori persoalan nasional. Setelah penggenang waduk, pemerintah daerah Kabupaten Sumedang dinilai warga belum ada yang mampu menyelesaikan persoalan dampak tersebut.

“Terus terang kami menaruh harapan besar, terhadap kedua pemimpin Sumedang (Dony-Erwan) tersebut agar bisa memberikan jalan keluar bagi persoalan yang kami hadapi. Masalah dampak Jatigede justru merupakan PR terbesar bagi pemerintah daerah,” ujar tokoh masyarakat dari eks Desa Padajaya, Dedi Mulyadi dikutip kabarpriangan.co.id.

Baca Juga:  Kemenhub Serahkan Bantuan Bus Kampus Untuk Unswagati

Menurutnya, Dony dan Erwan mampu menyelesaikan persoalan dampak Jatigede jika serius dalam menanganinya.

Tokoh masyarakat lainnya, Teten Mustari yang dulu tinggal di Sukakersa, Kecamatan Jatigede meminta pemerintah daerah juga tidak dulu fokus ke pengembangan kepariwisataan di seputar Waduk Jatigede.

Baca Juga:  Babak Baru Kasus Kebakaran Kilang Minyak di Balongan, Polri: Bakal Ada Tersangka

Sebab yang dibutuhkan warga eks Jatigede adalah penanganan terkait hilangnya pekerjaan dan pendapatan masyarakatnya. Selain itu yang kini masih diperjuangkan warga adalah masalah ganti rugi yang belum tuntas.

Dimana saat ini warga sedang melakukan upaya hukum di PN Sumedang untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

“Banyak warga yang terkendala masalah biaya dalam proses di Pengadilan Negeri Sumedang. Ini harus jadi perhatian bupati baru dengan membantu mempermudah proses di PN. Karena ini demi hak warga. Satu contoh, banyak warga yang sudah mendapatkan putusan inkrah namun sampai saat ini belum dibayar oleh Satker Jatigede,” tuturnya seraya mengatakan hal itu harus jadi agenda 100 hari kerja Bupati dan wakil Bupati baru. (Vie)

Baca Juga:  Pengguna iPhone Dapat Melakukan 'Live Streaming' YouTube Langsung dari Layar Ponsel