Dispar Klain Arca Nandi Di Museum Sri Baduga Berasal Dari Pangandaran

JABARNEWS | PANGANDARAN – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pangandaran mengklaim salah satu Arca Nandi yang berada di Museum Sri Baduga Bandung berasal dari Pangandaran.

Menurut Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Pangandaran, Aceng Hasim, arca tersebut sesuai informasi berasal dari Dusun Gimbal, Desa Mangunjaya, Kecamatan Mangunjaya. Arca tersebut merupakan peninggalan pada masa Hindu dulu.

Baca Juga:  Pemkab Purwakarta Keluhkan Kurangnya Armada Pengangkut Sampah

“Kita terus melakukan pendataan dan pelestarian benda-benda bersejarah. Selain untuk kepentingan umum, juga ini sangat penting untuk pendidikan,” katanya, dikutip HR Online, Jumat (6/7/2018).

Baca Juga:  Langgar PPKM, Tiga Restoran di Cirebon Terancam Ditutup Petugas

Karena keberadaannya di Museum Sri Baduga Bandung dan jika benar dari Pangandaran, lanjut Aceng, pihaknya meminta pengelola museum untuk bisa membuat duplikat agar bisa ditempatkan pada asalnya, yakni di Dusun Gimbal.

Baca Juga:  Kapolri Listyo Sigit Prabowo Minta Capaian Positif Penanganan Covid-19 Dipertahankan

“Dari Dusun Gimbal itu ada 3 benda bersejarah, yakni Lingga, Yoni dan Arca Nandi. Untuk saat ini tingga Yoni dan Lingga, sedangkan Arca Nandinya berada di Museum Sri Baduga,” pungkas Aceng. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat