Ekspedisi Tahap Dua Digelar SAR Pramuka 0914 Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Gelar Ekspedisi tahap dua angkatan tujuh belas di Situ Lembang, dilakukan oleh Unit SAR Pramuka 0914 Purwakarta, pada Jum’at, 6 – 8 Juli 2018. Ekspedisi tersebut merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh setiap calon anggota untuk memenuhi syarat menjadi anggota.

Panitia Ekspedisi tahap dua, Maulvi Arrezza mengatakan untuk tahap pertama sudah dilaksanakan awal tahun 2018 dengan jumlah peserta 25 orang.

Baca Juga:  Waspada Saat Lintasi Jalur Wanayasa Purwakarta, Musim Hujan Rawan Terjadi Hal ini

“Untuk tahap kedua ini jumlah pesertanya 10 orang, yang sudah diseleksi dari tahapan pertama dan memang ingin menjadi anggota. Lalu kita fasilitasi untuk mengadakan ekspedisi tahap kedua,” ujarnya, Jumat (6/7/2018).

Dia juga mengatakan, untuk ekspedisi tahap dua ini juga bertujuan untuk melatih kecakapan navigasi darat, campcraft, survival dan ilmu alam lainnya yang wajib diaplikasikan oleh calon peserta agar ketika ada kondisi darurat, sanggup menguasai medan alam bebas sesungguhnya di lapangan.

Baca Juga:  Pendaftaran CPNS 19 September Sampai 4 Oktober 2018

“Titik awal pemberangkatan di Alun-alun Wanayasa, Desa Pusakamulya, naik ke Gunung Sunda, Gunung Lemeungan, Lawang Angin, Situ Lembang, Pamaenan terakhir di desa Cihanjawar,” ungkap pemuda yang juga menjadi anggota di lembaga pecinta alam mahasiswa islam.

Di lapangan, tambah dia, peserta akan dibagi menjadi dua hingga tiga Search Rescue Unit (SRU). Masing-masing kelompok akan diberi titik kordinat dan target masing-masing dengan medan yang berbeda-beda.

Baca Juga:  Pacar Anda Mudah Bosan? Berikut Cara Agar Tidak Mudah Bosan

Lebih lanjut dia mengatakan, peserta diharapkan bisa lebih menyempurnakan semua ilmu di alam bebas agar tetap bisa bertahan hidup apapun kondisinya dan selalu menemukan cara dalam keadaan darurat dengan cepat dan tepat. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat