Gempa 4.8 SR Guncang Tasikmalaya

JABARNEWS | KAB. TASIKMALAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, telah terjadi gempa bumi tektonik yang mengguncang wilayah Kabupaten Tasikmalaya dan sekitarnya, pada Senin (7/1/2019), pukul 22.04.09 WIB

Analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 4.8 skala richter dengan koordinat episenter 8.15 LS dan 107.88 BT. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 62 km barat daya Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat pada kedalaman 21km.

Baca Juga:  Punya Efek Antipenuaan, 6 Minuman Ini Cocok untuk Menu Diet

Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Joko Siswanto, mengatakan, berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemsp) BMKG dan dari laporan dari masyarakat, dampak gempa bumi ini dirasakan di daerah Sukabumi, Pangandaran, Garut, Tasikmalaya dan Ciamis II-III MMI.

Baca Juga:  Seorang Polisi Polda Sumut Tewas Ditembak di Deli Serdang

“Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan,” kata Joko, dikutip laman BMKG, Selasa (8/1/2019).

Dikatakannya, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat subduksi di wilayah selatan Jawa.

Baca Juga:  Satgas TMMD Bersama Warga Gotong-Royong Rehab Masjid

“Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempa bumi susulan. Untuk itu kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG,” tandasnya. (*Rls)

Jabarnews | Berita Jabar