Gempa Bumi Magnitudo 4.1 Guncang Kepulauan Batu Nias Selatan

JABARNEWS | NIAS SELATAN – Gempa bumi dengan berkekuatan magnitudo 4.1 guncang Kepulauan Batu, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Kamis (19/8/2021).

Data BMKG, episenter gempa terletak pada koordinat 0.28 LU dan 98.49 BT pada jarak 34 km Tenggara, Kepulauan Batu, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km.

Baca Juga:  Ambyar, Rupiah Melemah Dekati 17 Ribu Per Dolar

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto menjelaskan, gempa bumi tersebut terjadi, pada pukul 13.38 WIB. Tidak ada laporan masyarakat merasakan getaran berasal dari gempa bumi dan tidak berpotensi tsunami.

“Tidak ada laporan masyarakat merasakan dan tidak berpotensi tsunami,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala BPBD Nias Barat, Filifo Daeli mengatakan, gempa bumi magnitudo 4.1 di Kepulauan Batu, masuk daerah Kabupaten Nias Selatan. Dampak guncangan gempa tersebut tidak dirasakan masyarakat Nias Barat.

Baca Juga:  Pemkab Purwakarta Segel Perusahaan Garmen CV Solvie Indonesia

“Tidak ada masyarakat Nias Barat merasakan guncangan gempa tersebut,” ucapnya.

Kata dia, BPBD Nias Barat terus melakukan himbauan kepada masyarakat terkait gempa terjadi di kepulauan Nias agar tetap waspada dan tidak menerima informasi atau berita yang tidak benar sumbernya.

Baca Juga:  Berbagi Bareng Anak Yatim, Orang Tua Jompo, Dan Pemulung

“Kita terus menghimbau masyarakat agar tidak menerima informasi berita dan isu yang tidak benar sumbernya terkait gempa di Nias,” imbuh Daeli. (Ptr)