Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 3.500 Meter

JABARNEWS | KARO Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali menunjukkan aktivitas erupsi dengan tinggi kolom abu 3.500 meter di atas puncak, Rabu (19/5/2021) pukul 04.48 WIB.

Pos Pengamatan Gunung Sinabung, Armen Putra menjelaskan, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 11 menit 18 detik.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Untuk Pemilik Rasi Bintang Aries, Taurus dan Gemini

“Selain erupsi, terjadi guguran awan panas ke arah Timur-Tenggara sejauh 3000 meter,” katanya.

Ia menghimbau masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radius 3 km dari puncak gunung Sinabung, serta radius sectoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Baca Juga:  Paslon Bupati Subang Nomor Urut 1 Adakan Kampanye Akbar

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik,” bilangnya.

Armen ingatkan, masyarakat agar mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

Baca Juga:  Medina Zein Dikabarkan Miskin Usai Dipenjara, Tien Wartini Buka Suara

“Bagi yang bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,” bilangnya. (Ptr)