HMI Minta Vietnam Dikeluarkan dari Keanggotaan ASEAN, Alasannya Cukup Serius

Aksi HMI Cabang Jakarta Raya di Patung Kuda Jakarta Pusat
Aksi HMI Cabang Jakarta Raya di Patung Kuda Jakarta Pusat. (foto: Widi Johan Syah)

Berdasarkan informasi dari Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (BAKAMLA RI), pada 11 Agustus 2023, terdapat laporan aktivitas illegal fishing di Laut Natuna Utara yang dilakukan oleh kapal asal Vietnam, menyebabkan kerugian mencapai lima ton ikan yang dicuri.

Hamid menambahkan bahwa tindakan illegal fishing bukan kali pertama terjadi di perairan Indonesia melibatkan kapal asing Vietnam.

Menurut laporan Kementerian Kelautan dan Perikanan, hingga bulan Juli 2023, sudah tercatat ada 368 kasus illegal fishing atau pencurian ikan oleh kapal berbendera Vietnam di wilayah laut Indonesia.

Baca Juga:  Kabar Baik, Melalui PP 16 Tahun 2021 Presiden Jokowi Hapus IMB

Dalam tuntutannya, HMI Cabang Jakarta Raya menyoroti beberapa poin:

  1. Penolakan Kehadiran Vietnam di KTT ASEAN 2023: Mereka menentang kehadiran Vietnam dalam KTT ASEAN 2023 di Jakarta, merujuk pada keterlibatan negara tersebut dalam aktivitas illegal fishing dan pencurian ikan di perairan Indonesia secara sengaja.
  2. Pecat dan Keluarkan Vietnam dari Keanggotaan ASEAN: Karena kerapkali melakukan aktivitas illegal fishing, HMI mendesak pemerintah Indonesia untuk bertindak tegas terhadap Vietnam dengan mencabut keanggotaan mereka di ASEAN, mengacu pada pelanggaran prinsip non-intervensi yang terdapat dalam Pasal II Piagam ASEAN.
  3. Perlindungan Kedaulatan Laut Indonesia dan Nelayan: Mereka juga meminta perlindungan terhadap kedaulatan laut Indonesia serta nelayan Indonesia dari ancaman illegal fishing yang dilakukan oleh negara lain.
Baca Juga:  Terpapar Covid-19, Bupati Bekasi Saat Ini Tengah Dirawat di ICU

Aksi protes HMI Jakarta Raya ini menjadi sorotan menjelang KTT ASEAN dan menciptakan perdebatan tentang pentingnya mematuhi prinsip-prinsip ASEAN untuk memelihara perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara.

Baca Juga:  Ditahan Imbang Vietnam, Shin Tae-yong Ingin Timnas Indonesia U-19 Bantai Brunei Darussalam

HMI berharap agar tuntutan mereka diperhatikan serius oleh pemerintah Indonesia dan negara-negara anggota ASEAN lainnya. (Widi Johan Syah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News