Jangan Anggap Biasa Sakit Pinggang, Bisa Jadi Gejala Kanker Ginjal

Sakit Pinggang
Sakit Pinggang bisa menjadi gejala kanker ginjal. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNGSakit pinggang merupakan salah satu gejala yang paling umum dialami oleh pasien kanker ginjal. Namun, seringkali pasien terlambat menyadari bahwa sakit pinggang yang mereka alami sebenarnya merupakan tanda dari pertumbuhan sel kanker yang signifikan.

Banyak yang menganggapnya sebagai sakit encok biasa, padahal gejala ini bisa menjadi pertanda serius penyakit kanker ginjal.

Baca Juga:  Tidak Menguras Isi Kantong, Inilah Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Pandemi Covid-19

Koordinator Bidang Ilmiah Ikatan Ahli Urologi Indonesia, yang juga menjabat sebagai Kepala Staf Medik Urologi di Rumah Sakit Unair Surabaya, Lukman Hakim menjelaskan beberapa ciri sakit pinggang yang bisa menjadi indikasi kanker ginjal.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Kesehatan 27 Mei 2022, Pemilik Rasi Bintang Gemini dan Cancer

Sakit pinggang akibat kanker ginjal memang bisa mirip dengan sakit pinggang biasa, namun ada perbedaan yang mencolok. Perbedaan tersebut tidak selalu muncul pada kasus sakit pinggang biasa.

Salah satu perbedaan mencolok adalah jenis nyeri yang dirasakan oleh pasien. Sakit pinggang akibat kanker ginjal cenderung lebih menjalar, mulai dari perut sebelah kanan bagian depan hingga menjalar ke bagian pinggang belakang. Sementara sakit pinggang biasa biasanya hanya terlokalisasi di daerah pinggang.

Baca Juga:  Warga Sukaraja Kab. Tasik Temukan Mayat Wanita Tak Berbusana Di Ciwulan