Jangan Simpan Telur Di Rak Kulkas, Ini Penjelasannya

JABARNEWS | BANDUNG – Tak sedikit dari kita yang menyimpan telur sebagai cadangan makanan di rumah, karena selain rasanya enak, pengolahan telur juga cepat. Dan menjadi kebiasaan banyak orang menaruh telur-telur itu di tempat penyimpanan yang ada pada pintu kulkas.

Namun tahukah anda bahwa menyimpan telur pada rak pintu kulkas itu salah? Vlatka Lake dari Space Station mengklaim bahwa menyimpan telur dalam rak pintu kulkas berarti telur ini sering terpapar perubahan suhu saat pintu dibuka dan ditutup. Artinya, telur akan lebih besar kemungkinannya menjadi busuk.

Baca Juga:  Ada Try Out CPNS Di Bandung

Saran Lake memperkuat kembali klaim yang dibuat oleh Good Housekeeping bulan Mei, saat editor konsumen Sara Benwell menjelaskan bahwa telur lebih aman kalau disimpan di suhu yang bisa terjaga.

Dia merekomendasikan untuk menyimpannya di dalam kotak dan menaruh di rak tengah dalam lemari es.

British Egg Information Service juga menyarankan agar menyimpan kotak telur jauh dari makanan berbau kuat lainnya, karena cangkang telur berpori. Untuk menghindari dari segala kemungkinan kontaminasi, mereka juga menyarankan untuk menjauhkan telur dari daging mentah.

Selain itu, suhu optimal untuk menjaga kesegaran dan kualitas telur adalah 20°C. Bagi anda yang suka membuat telur orak-arik dan semacamnya, sebaiknya keluarkan telur dari lemari es 30 menit sebelum memprosesnya. Hal ini untuk mencegah agar kulit telur tidak retak karena perubahan suhu yang tiba-tiba.

Baca Juga:  Walikota Sukabumi Sambut Kepulangan Jamaah Haji Kloter 37

Mereka juga menyarankan agar jangan pernah memasak telur kedaluwarsa atau yang kotor.

Suhu rendah pada kulkas dapat menjaga suhu telur tetap rendah, meminimalisir resiko telur terkontaminasi bakteri Salmonella, dan mencegah bakteri Salmonella yang terdapat pada telur untuk berkembang biak.

Baca Juga:  Begini Tahapan Menggunakan Skincare Yang Benar, Perhatikan Urutanya!

Namun, janganlah simpan telur di tempat penyimpanan yang ada pada pintu kulkas karena telur segar masih rentan terhadap perubahan suhu. Pintu kulkas adalah bagian paling hangat dari keseluruhan bagian kulkas.

Selain itu, temperatur pada pintu kulkas berfluktuasi, terutama ketika kulkas dibuka. Itulah sebabnya jangan simpan telur di pintu kulkas.

Nah, itulah tadi penjelasannya mengapa disarankan untuk tidak menaruh telur di rak pintu kulkas. Semoga info di atas dapat bermanfaat bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari wajibbaca.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat