Jarang yang Tahu, Ini 5 Manfaat Rendaman Air Kurma bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat buah kurma
Manfaat buah kurma bagi kesehatan. (foto: istimewa)
  1. Menghidrasi tubuh

Seperti halnya air mineral, rendaman air kurma juga bisa dipakai untuk menghidrasi tubuh dan mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Bahkan dari sisi Kesehatan, rendaman air kurma diyakini lebih baik dari minuman manis lain, termasuk jus kemasan, minuman bersoda, dan teh manis.

  1. Menambah energi

Buah kurma selama ini dikenal memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang menjadi sumber energi paling utama bagi tubuh. Tak heran jika rendaman air kurma lainnya banyak memberi manfaat Kesehatan, termasuk diantaranya membantu mengatasi tubuh yang kelelahan, baik setelah beraktivitas fisik maupun adanya kondisi tertentu yang membuat kamu memerlukan energi yang lebih banyak.

  1. Mengendalikan gula darah
Baca Juga:  8 Khasiat Buah Kurma Muda untuk Kesehatan Tubuh

Meski rasanya manis, kurma ternyata tidak memicu naiknya gula darah pada tubuh. Sebaliknya, buah satu ini justru bisa membantu menstabilkan gula darah karena indeks glikemiknya yang rendah.

  1. Melancarkan sistem pencernaan
Baca Juga:  Reisa Berpesan Pada Driver Gojek, Prokes dan Vaksin Sama-sama Penting

Dehidrasi dapat memicu terjadinya sembelit. Inilah yang menjadi manfaat rendaman air kurma lainnya, yaitu memberikan serat pada tubuh yang dapat membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

  1. Obat untuk berbagai penyakit
Baca Juga:  Bursa Ketum Golkar, Airlangga Didukung Tiga Tokoh di Munas

Tidak hanya menstabilkan gula darah dan menyehatkan jantung, air rendaman kurma juga memiliki kandungan berbagai antioksidan. Mulai dari asam fenolik, karotenoid, hingga flavonoid. Kandungan ini dapat membantu mengurangi terjadinya peradangan, sekaligus menurunkan risiko tubuh mengalami banyak penyakit. Contohnya seperti kanker, diabetes, dan degenerasi makula. (red)