Jika Akun WhatsApp Anda Dibajak Pelaku Penipuan? Berikut Cara Mengatasinya

Ini yang harus dilakukan jika WhatsApp dibajak. (foto: istimewa)
  1. Pastikan apa yang terjadi

Periksa terlebih dulu apakah WhatsApp Anda benar-benar telah diretas dan dikuasai pelaku. Jika akun WhatsApp Anda tiba-tiba keluar (log out) dari perangkat, itu adalah indikasi bahwa ada orang lain yang berusaha mengakses akun tersebut dari perangkat lain. Namun, akun itu belum tentu sudah dikuasai pelaku.

Baca Juga:  Disdukcapil Kota Depok Musnahkan Ribuan Blangko E-KTP

Jika akun WhatsApp itu hanya keluar dari perangkat Anda, tetapi belum mengirim pesan ke nomor lain, maka kemungkinan besar pelaku belum berhasil menguasai nomor kita karena harus memasukkan PIN.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Taurus, Gemini dan Cancer Senin 28 November 2022

Situasi ini bisa terjadi ketika Anda sudah mengaktifkan Two-Step Verification pada akun WhatsApp Anda. Jika Anda tidak mengaktifkan fungsi ini, pelaku akan lebih mudah menguasai akun Anda.

Namun, jika akun WhatsApp itu sudah mengirim pesan ke nomor lain, artinya pelaku sudah berhasil menguasai akun Anda dan menggunakannya dari perangkat lain. Situasi ini lebih susah ditangani, apalagi jika pelaku sudah mengaktifkan 2FA.

Baca Juga:  KPU Tetapkan Dony-Erwan Jadi Bupati Sumedang Terpilih

Itulah kenapa penting sekali mengaktifkan fungsi 2FA pada akun WhatsApp Anda. [Baca: Cara Mengaktifkan Two-Step Verification pada WhatsApp].