Jika Akun WhatsApp Anda Dibajak Pelaku Penipuan? Berikut Cara Mengatasinya

Ini yang harus dilakukan jika WhatsApp dibajak. (foto: istimewa)
  1. Kabarkan kepada jaringan

Segera kabarkan kepada jaringan perihal kemungkinan akun WhatsApp Anda telah diretas dan dikuasai orang lain. Gunakan jalur komunikasi lain yang bisa digunakan, seperti Signal, Twitter, atau melalui teman lain agar nomor WhatsApp Anda dikeluarkan dari grup-grup yang sensitif.

Lebih baik mencegah daripada dampak serangan semakin parah. Oleh karena itu, lebih baik keluar saja dulu dari semua grup jika ada kemungkinan WhatsApp Anda sudah diretas dan dikuasai orang lain. Toh, nanti jika akunnya sudah Anda kuasai kembali, Anda bisa masuk grup itu lagi.

  1. Hapus dan pasang ulang
Baca Juga:  Bedak Bayi Berfungsi Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Juga Loh

Cobalah hapus (uninstall) aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Kemudian install kembali aplikasi tersebut.

Anda akan diminta untuk memasukkan kode sekali pakai (one time password) yang dikirim ke pesan ringkas (SMS). Sayangnya, dalam beberapa kali kejadian, pelaku bisa mencegat kode SMS ini sehingga Anda tidak bisa menerimanya.

Baca Juga:  Teka-teki Hilangnya Elsa Julianti Santriwati Asal Sukabumi Terungkap, Ternyata Ada di Jakarta

Namun, anggaplah Anda bisa mendapatkan kode sekali pakai tersebut, Anda kemudian hanya perlu memasukkan dan mengikuti proses selanjutnya. Proses ini biasanya bisa selesai dengan cepat, tetapi ada juga yang sampai 10 menit atau bahkan 8 jam.

Baca Juga:  Asik, WhatsApp segera Rilis Fitur Baru

Jika ternyata kode itu tidak datang juga, maka gunakan langkah keempat.