Kadisparbudpora Kota Cimahi: Bus Sakoci Beroperasi Mulai 1 Februari

JABARNEWS | CIMAHI – Bus wisata Saba Kota Cimahi (Sakoci) akan dioperasikan mulai 1 Februari 2019.

Besaran tarif alat transportasi penunjang wisata Kota Cimahi ini ditentukan berdasarkan Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 59/2018 tentang Kendaraan Wisata Kota Cimahi.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kota Cimahi, Budi Raharja, menjelaskan tarif single trip bagi penumpang umum yakni Rp. 20.000 dan penumpang pelajar Rp.15.000 untuk sekali perjalanan. Sedangkan untuk multiple trip atau ome day pass Rp.40.000 per penumpang untuk satu hari.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Capricorn 9 April 2022,

“Ada pula tarif sewa sebesar Rp 1 juta per 8 jam perjalanan untuk satu hari. Apabila melebihi waktu sewa, pengguna Sakoci akan dikenakan tarif sewa tambahan Rp.100.000 per jam,” ungkap Budi, kepada awak media, Senin (14/01/2019).

Menurutnya, sebelum digunakan oleh masyarakat umum, bus berwarna hijau tua ini akan diuji coba terlebih dahulu pada 19 Januari mendatang. Rencananya akan dikemudikan langsung oleh Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna.

Baca Juga:  Petugas Waspadai Terorisme Di Perhelatan Asian Games

Budi menyebutkan, selama uji coba, nantinya masyarakat dapat menikmati bus Sakoci secara cuma-cuma .

“Rencananya, 1 Februari mulai diberlakukan sesuai tarif. Bus ini diprioritaskan untuk pelajar dan wisatawan umum,” terangnya.

Budi mengaku optimis kehadiran Sakoci dapat menyedot animo masyarakat dan wisatawan.

Itu terbukti dari banyaknya penumpang yang sudah mendaftar ke Organisasi Angkutan Darat (Organda), sebagai operator bus Sakoci. Pengelolaan bus Sakoci sendiri merupakan tanggung jawab Organda.

“Sekarang sudah banyak yang booking ke Organda, untuk besaran tarifnya sejauh ini tidak ada keluhan dari warga,”ucapnya.

Baca Juga:  Atasi Lonjakan Jenazah Covid-19 di Kota Bandung, TPU Cikadut Persiapkan Backhoe

Kota Cimahi mengukuhkan sebagai Kota Wisata Militer pada 14 Desember 2018. Gayung bersambut, Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan bantuan berupa satu bus wisata bagi Kota Cimahi yang mulai melakukan uji coba pada Januari 2019.

Rute yang akan dilewati bus tersebut di antaranya Kampung Adat Cireundeu, Gedung Cimahi Technopark, Pusdik Armed, Penjara Poncol, dan tempat bersejarah bernuansa militer lainnya. (Afr)

Jabarnews | Berita Jawa Barat