Kenali Ini! Berikut Penyakit Yang Biasa Menyerang Lidah

JABARNEWS | BANDUNG – Penyakit lidah bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari daya tahan tubuh yang lemah hingga penyakit tertentu bahka hingga kanker.

Lidah merupakn organ tubuh yang berperan penting dalam pengecap rasa, berbicara, tentunya hal tersebut begitu penting untuk dijaga dari penyakit berbahaya.

Oleh sebab itu, kita harus mengenal beberapa jenis penyaki yang biasa menyerang lidah. Diantaranya:

Baca Juga:  Simpatik, ASN Sumedang Doakan Korban Gempa NTB

Pertama. Sariawan – Sariawan merupakan luka kecil di lidah atau dalam mulut. Biasanya, sariawan terjadi karena kekurangan vitamin dan daya tahan tubuh lemah.

Kedua. Lichen planus – penyakit lidah satu ini biasanya terjadi ketika tubuh kita sedang tidak fit atau kekebalan tubuh yang menurun. Penyakit satu ini memiliki ciri garis-garis putih di lidah dan mulut.

Baca Juga:  Rapat Paripurna DPRD Purwakarta Tetapkan Peraturan Tatib

Ketiga. Lidah geografik – Lidah geografik adalah kondisi ketika muncul bercak kemerahan dengan pinggiran berwarna putih. Penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti, namun diduga berkaitan dengan penyakit tertentu, seperti psoriasis dan lichen planus.

Keempat. Glossitis – Penyakit satu ini terjadi karena peradangan dibagian lidah, penyakit lidah ini terkadang dapat membuat penderitanya susah makan dan berbicara.

Baca Juga:  Terekam CCTV, Pencuri Ikan Cupang Ditangkap Polisi

Kelima. Leukoplakia – Leukoplakia merupakan kondisi adanya bercak putih di lidah. Bercak putih pada leukoplakia tidak bisa hilang meski dibersihkan menggunakan sikat gigi. Penyebab kondisi ini berkaitan dengan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol. (MA)