Kopi Asli Indonesia Ini Masuk Daftar Kopi Termahal di Dunia

Kopi Luwak Indonesia. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Kopi menjadi salah satu minuman yang paling banyak diminati. Bagi peminatnya, minum kopi menjadi satu kebiasaan rutin setiap hari.

Namun tanpa banyak diketahui, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi. Bahkan salah satu produk kopinya menjadi salah satu kopi termahal di dunia. Kopi apakah itu?

Baca Juga:  Gara-gara Makan Buah Rambutan, Tante Tega Setrika Bocah di Simalungun

Adalah Kopi Luwak Indonesia. Kopi ini menempati posisi keempat sebagai kopi termahal di dunia. Lalu apa yang menjadi penyebab Kopi Luwak Indonesia menjadi kopi termahal?

Selain karena aromanya, Kopi Luwak Indonesia dikenal karena prosesnya. Seperti diketahui, Kopi Luwak terbuat dari biji kopi kualitas terbaik yang dimakan luwak.

Baca Juga:  Mau Nongkrong atau Tawuran? Sekelompok Remaja di Tasikmalaya Bawa Cerulit dan Pedang

Setelah dimakan, biji kopi merah tersebut mengalami proses fermentasi alami di dalam saluran pencernaan luwak.

Proses tersebut memberikan karakteristik rasa yang unik yang tidak bisa diproduksi dengan cara lain. Setelah luwak mengeluarkan kotoran, biji kopi yang ikut keluar pun dibersihkan. Lalu digoreng dan diseduh.

Baca Juga:  Calon Wakil Wali Kota Ini Bahas Soal Air Bersih Dan SPP

Kopi Luwak biasanya menggunakan biji kopi Robusta atau Arabika. Namun, yang membedakan biji kopi pada kopi Luwak adalah pemilihan bijinya. Biji kopi jenis lainnya dipilih dan dipilah oleh manusia bahkan mesin. Harga kopi Luwak Indonesia mencapai 160 dollar AS per pound atau Rp 2,34 juta per pound.