Lima Manfaat Kopi Hitam, Dipercaya Dapat Meningkatkan Kecerdasan

JABARNEWS | BANDUNG – Bagi sebagian orang, mengkonsumsi secangkir kopi di pagi hari sudah menjadi kebiasaan rutin setiap hari. Kopi hitam banyak dipilih karena cita rasanya yang khas dan efek stimulan yang dapat membuat orang merasa berenergi dan bersemangat untuk beraktivitas.

Meski banyak pilihan menu kopi yang disajikan dengan berbagai bahan sehingga terlihat menarik dan menggiurkan, kopi hitam ternyata patut untuk dipertimbangkan.

Meski memiliki manfaat bagi kesehatan, minuman ini juga memiliki efek samping. Tidak sedikit orang yang mengeluh jantungnya berdebar atau sulit tidur setelah minum kopi hitam, terutama bila jumlah kopi yang diminum terlalu banyak. Selain itu, pada sebagian orang, kopi hitam juga bisa menimbulkan rasa kembung dan nyeri di ulu hati.

Baca Juga:  Berikut Nama Korban Longsor Tapanuli Selatan, Total 13 Orang

Dilansir dari beberapa sumber, Berikut manfaat Kopi Bagi kesehatan:

1. Meningkatkan daya ingat – Hal ini disampaikan oleh para peneliti, disebutkan mereka yang meminum kopi tanpa gula setiap harinya memiliki memori yang lebih baik. Salah satunya dalam studi melalui permainan yang melibatkan ingatan, peminum kopi hitam muncul sebagai pemenangnya dengan hasil ingatan yang lebih baik.

Baca Juga:  Instagram Kenalkan Fitur Terbaru, Bisa Chat di Stories

2. Mencegah depresi – Sebuah penelitian menemukan bahwa di dalam kopi hitam terkandung antidepresan yang mampu mencegah depresi. Selain itu, orang yang rutin mengkonsumsi kopi hitam juga lebih mungkin terhindar dari resiko bunuh diri akibat depresi.

3. Mencerdaskan Kopi bebas gula bisa memblokir neurotransmitter yang disebut “adenosine”. Ketika kafein adenosine ini, pengaktifan saraf otak akan meningkat sehingga membantu melepaskan neurotransmitter yang bermanfaat. Pada intinya, kafein meningkatkan fungsi otak.

Baca Juga:  Polda Papua Berikan Trauma Healing Kepada Masyarakat di Wamena

4. Meningkatkan fokus dan kewaspadaan – Kopi hitam mengaktifkan neurotransmitters yang ada di dalam otak, karena kafein menstimulasi jantung dan metabolisme tubuh peminumnya. Dengan ini, fokus otak akan semakin meningkat yang otomatis akan meningkatkan kewaspadaan Anda.

5. Membersihkan perut Minum kopi tanpa gula dapat menghilangkan bakteri dan toksin dari dalam perut. Bakteri dan toksin ini akan dikeluarkan lewat urin ketika seseorang buang air kecil. Kopi hitam juga membantu menghentikan pertumbuhan parasit jahat yang bisa menimbulkan masalah kesehatan perut.

Penulis: Muhammad Amaludin