Login Tanpa Password, Pengguna Google Akan Gunakan Cara Baru Ini

Google
Google akan menggunakan metoder baru passkey bagi penggunanya. (foto: istimewa)

Meskipun Google akan terus mendukung penggunaan kata sandi tradisional, pengguna memiliki opsi untuk benar-benar meninggalkan kata sandi dengan menonaktifkan fitur “lewati kata sandi jika memungkinkan” di akun mereka.

Google telah mengimplementasikan passkey sebagai alternatif kata sandi untuk beberapa aplikasi, termasuk YouTube, Search, Maps, Uber, dan eBay. WhatsApp juga telah mengadopsi kemampuan ini.

Baca Juga:  Keamanan Wisata Tasikmalaya Ditingkatkan

Passkey beroperasi sebagai metode otentikasi berbasis perangkat pengguna, memungkinkan akses ke layanan seperti Gmail, PayPal, atau iCloud dengan fitur pengenalan wajah di iPhone, pemindai sidik jari di ponsel Android, atau Windows Hello di PC.

Passkey, yang dibangun di atas teknologi WebAuthn (Web Authentication), menghasilkan dua kunci berbeda saat digunakan: satu disimpan oleh layanan tempat akun pengguna berada, dan satu lagi kunci pribadi yang berada di perangkat pengguna untuk verifikasi identitas. Hal ini memungkinkan pengguna memiliki cadangan kunci jika diperlukan.

Baca Juga:  Nama Jessica Iskandar Jadi Trending di Google, Ada Apa?

Beberapa pengelola kata sandi seperti 1Password dan Dashlane telah mendukung passkey, bahkan menciptakan layanan direktori daring yang memungkinkan pengguna masuk menggunakan kunci sandi mereka.

Baca Juga:  Sebar Hoaks Adu Domba TNI-Polri, Warga Subang Terancam Enam Tahun Bui

Konsep ini semakin memperkuat upaya untuk menggantikan kata sandi tradisional dan memberikan pengguna alternatif yang lebih aman dan efisien. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News