Lomba Liwet Meriahkan Tahun Baru Islam Di Kelurahan Sindangkasih

JABARNEWS | PURWAKARTA – Selain menggelar pawai obor, menyambut tahun baru 1 Muharram 1440 Hijriah, di RT 13 jalan Kapten Ismail, Kelurahan Sindangkasih, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, digelar juga lomba Liwet.

Ketua RT 13 Dadang Herdiana sekaligus panitia lomba liwet, mengatakan peringatan tahun baru Islam ini merupakan kewajiban umat Islam untuk memperingatinya.

Baca Juga:  Pelonggaran PPKM di Bogor, Mal Boleh Beroperasi dengan Syarat Ini

“Selain untuk memperingati 1 Muharram ini, juga bertujuan mempererat tali silaturahmi antara warga di lingkungan kami,” ujar Dadang.

Dengan kegiatan semacam itu, lanjut dia, seluruh elemen masyarakat bisa duduk bersama untuk menikmati liwet atau makan bersama yang dalam bahasa Sunda dikenal dengan istilah “mayoran”.

Baca Juga:  Inilah Pola Hidup Sehat yang Berkualitas Saat Remaja

“Setiap kelompok rupanya memiliki teknik dan resep masing-masing saat mengolah nasi liwet. Tak heran karena nasi liwet merupakan makanan favorit masyarakat sini,” kata dia.

Lanjut dia, terlihat semua warga menghadiri dan menikmati kegiatan tersebut serta terlihat keakraban seperti yang diharapkan.

Baca Juga:  Polres Subang Petakan Wilayah Rawan Konflik Pilkades

“Tujuan utama bukan sekadar lomba atau hadiah yang diberikan tetapi lebih untuk memeriahkan Tahun Baru Islam dan jalin silaturahmi dengan makan bersama,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat