Mengenal Manfaat Minyak Cengkeh Yang Jarang Orang Ketahui

JABARNEWS | BANDUNG – Manfaat Minyak cengkeh memang cukup banyak, mulai dari bumbu masakan hingga bagi kesehatan tubuh. Namun, hal tersebut jarang diketahui oleh orang lain.

Minyak cengkeh adalah minyak esensial yang berasal dari pohon cengkeh (Syzygium aromaticum). Minyak ini diproduksi dengan mengekstraksikan kuncup bunga cengkeh kering. Minyak cengkeh memiliki warna kuning pucat hingga coklat keemasan, dan memiliki aroma pedas yang kuat.

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat minyak cengkeh bagi kesehatan yakni:

Baca Juga:  Ada Perubahan Skuat Persib Bandung, Ini Kata Haji Umuh

Pertama. Mengatasi jerawat – Minyak cengkeh dipercaya dapat mengatasi jerawat karena memiliki sifat antimikroba yang kuat. Penelitian menunjukkan bahwa minyak ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus yang dapat menyebabkan jerawat, bisul, ruam, lepuh, dan impetigo.

Dalam mengobati jerawat, Anda dapat mengoleskan kapas yang telah ditetesi minyak cengkeh dan madu pada area kulit yang terkena. Kemudian, bilas dengan air bersih setelah area tersebut kering.

Kedua. Mengobati infeksi jamur – Eugenol dan carvacrol yang terkandung dalam minyak cengkeh memiliki efek antijamur. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Oral Microbiology and Immunology Journal, minyak cengkeh dapat digunakan untuk mengobati kandidiasis yang disebabkan oleh jamur Candida albicans.

Baca Juga:  Ini Tips Untuk Mempesiapkan Diri Agar Semangat Sekolah Di Era New Normal

Minyak cengkeh juga efektif dalam membunuh parasit usus yang bisa menyebabkan diare dan masalah pencernaan lainnya. Anda dapat mengkonsumsi minyak ini dalam jumlah sedikit, namun harus di bawah pengawasan dokter.

Ketiga. Mengobati sakit gigi – Sifat anti kuman dan anestesi yang dimiliki minyak cengkeh membuatnya sangat efektif untuk meredakan sakit gigi, sakit gusi, dan sariawan. Selain itu, menurut sebuah penelitian, minyak cengkeh dan molekulnya juga efektif dalam mencegah erosi gigi.

Baca Juga:  Warga Karo Heboh, Awan Panas Muncul di Kaki Gunung Sinabung

Anda dapat menempelkan kapas yang telah ditetesi minyak cengkeh dan minyak zaitun pada gigi yang sakit. Namun jangan teteskan pada sariawan yang parah dan luka terbuka. Setelah itu, berkumurlah dengan air hangat. (Red)