Nasi Merah: Manfaat dan Efek Samping

Manfaat dan Efek Samping Nasi Merah. (Foto: Istimewa).

Menurunkan kolesterol

Salah satu cara untuk menurunkan kolesterol adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti nasi merah yang kandungan seratnya lebih tinggi dibandingkan nasi putih. Serat berfungsi untuk mengikat lemak dan kolesterol sehingga akan mudah dikeluarkan dan tidak terserap ke aliran darah.
Mencegah penyakit jantung

Baca Juga:  Polisi Bongkar Praktik Prostitusi Online Modus Kapsul Keperawanan

Masih berhubungan dengan kolesterol, tingginya kadar kolesterol di dalam darah dapat memicu terjadinya penumpukan plak pada dinding arteri. Kondisi ini lama kelamaan akan membuat sumbatan pada pembuluh darah arteri koroner yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Baca Juga:  Jelang Pelaksanaan Pilkades Serentak, Para Cakades di Purwakarta Deklarasikan Damai

Dengan demikian, menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengkonsumsi nasi merah dengan rutin dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.
Mengurangi resiko obesitas

Mengkonsumsi nasi merah dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang tinggi pada nasi ini. Hal ini akan membuat orang tidak akan cepat merasa lapar sehingga berat badannya terjaga dan resiko obesitas dapat diminimalisir.
Tak heran, orang yang sedang menjalankan program diet atau menerapkan pola hidup sehat lebih suka mengkonsumsi nasi ini.

Baca Juga:  Diduga Terbawa Hanyut, Mr. X Ditemukan Di Selokan Jalan Sidomukti