Olahraga Ini Tepat untuk Kesehatan Jantung, Lakukan Secara Rutin

Aktif berolahraga diyakini bisa memperpanjang usia (1)
Aktif berolahraga diyakini bisa berdampak baik bagi kesehatan jantung. (foto: istimewa)

Menurutnya, yang terpenting adalah menikmati kegiatan olahraga tersebut. Ia menyarankan aktivitas sederhana seperti berjalan cepat sebagai upaya menjaga kesehatan.

“Tidak masalah jenis olahraganya apa, yang terpenting adalah merasa senang melakukannya. Berjalan cepat juga termasuk pilihan yang bagus,” jelas dr. Ngabila.

Baca Juga:  Nasdem Dukung Komposisi 45 Persen Kabinet dari Partai

“Namun, pastikan bukan berjalan dengan santai karena itu tidak akan memberikan beban pada jantung. Berjalan cepat sambil mendengarkan musik juga bisa menjadi pilihan. Yang penting adalah merasa bahagia saat melakukannya,” lanjutnya.

Jika kesibukan tidak memungkinkan untuk berolahraga, dr. Ngabila menyarankan masyarakat untuk berjalan kaki setidaknya 6 ribu langkah per hari.

Baca Juga:  Jarang Disadari, Berikut Tanda-tanda Jantung Bermasalah

“Alternatif lain adalah menggantikan olahraga dengan berjalan kaki sekitar 6 ribu langkah setiap harinya. Aplikasi penghitung langkah di ponsel pintar dapat membantu mengukur hingga mencapai 6 ribu langkah,” tambahnya.

Baca Juga:  Sering Mengalami Gangguan Tidur, Ini Dampak yang Bisa Ditimbulkan

“Bagi ibu rumah tangga, aktivitas fisik seperti mencuci, menjemur, atau naik turun tangga juga bisa menjadi pilihan yang baik,” tutupnya. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News