Operasi Patuh Lodaya di Purwakarta Berlaku Hari Ini

JABARNEWS | PURWAKARTA – Guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam mewujudkan kamseltibcar lantas di tengah pandemi Covid-19, Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta menggelar Gelar pasukan Operasi Patuh Lodaya 2021 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari, mulai tanggal 20 September 2021 hingga 3 Oktober 2021 mendatang.

Apel personel gabungan itu dipimpin langsung Kapolres Purwakarta AKBP Suhardi Hery Haryanto di lapangan Mapolresl Purwakarta ditandai penyematan pita operasi kepada perwakilan personel polisi lalu lintas, polisi militer, Dinas Perhubungan (Dishub), serta Satpol PP, pada Senin (20/9/2021).

Dalam sambutannya, Kapolres Purwakarta AKBP Suhardi Hery Haryanto menyampaikan Oprasi Patuh Lodaya 2021 ini guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas dan meningkatkan kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penyebaran Covid-19.

Baca Juga:  Dipicu Hujan Deras, Longsor Menerjang Dua Kampung di Kabupaten Sukabumi

Selama digelarnya Operasi Patuh Lodaya 2021, kata Suhardi, personel harus mengedepankan sikap humanis, simpatik, dan edukatif untuk meningkatkan simpati masyarakat.

“Pelaksanaan fokus dalam upaya penanganan memutus mata rantai pandemi Covid-19, seperti penegakan protokol kesehatan dilaksanakan dengan pembubaran kerumunan, bagi-bagi masker, kampanye 3M, patroli skala besar,” ucapnya.

Suhardi menekankan, dengan mengedepankan fungsi lalu lintas dengan penekanan peran aktif masing-masing personil satuan tugas (satgas) untuk menindak pelanggaran khususnya yang berpotensi penyebab kecelakaan.

Baca Juga:  Bandara Kertajati Luncurkan Aplikasi BIJB Mobile Apps

“Selain menargetkan turunnya angka kecelakaan, Operasi Patuh Lodaya 2021 ini juga kami mengimbau kepada anggota yang terlibat untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap Polri,” pesan AKBP Suhardi Hery Haryanto.

Ditempat yang sama, Kepala satuan lalulintas Polres Purwakarta, AKP Toto Herman Permana, mengatakan selain menindak pelanggar lalu lintas, Operasi Patuh Lodaya 2021 ini juga menyasar pelanggar protokol kesehatan.

“Jadi untuk Operasi Patuh Lodaya 2021 ini sebenarnya tujuannya ada dua. Tujuan pertama meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib lalu lintas. Kedua ialah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan,” ucap Toto.

Dia menambahkan, dengan mengedepankan fungsi lalu lintas dengan penekanan peran aktif masing-masing personel satuan tugas (satgas) untuk menindak pelanggaran khususnya yang berpotensi penyebab kecelakaan.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Jumat 18 November 2022, Leo, Virgo dan Libra

“Kegiatan ini diharapkan kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Purwakarta menurun. Terpenting adalah kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas semakin meningkat , dan upaya pemerintah menekan penyebaran Covid-19 dapat membuahkan hasil,” ungkapnya.

Karena itu, AKP Toto Herman Permana mengimbau pengendara mematuhi peraturan lalu lintas dan mengedepankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Kita tingkatkan disiplin protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 serta mewujudkan kamseltibcar lantas. Mari lindungi diri dan keluarga,” pungkasnya. (Gin)