Panwas TPS Diminta Cegah Pelanggaran

JABARNEWS | MAJALENGKA – Pangawas Pemilu Tempat Pemungutan Suara (PTPS) diminta fokus untuk mengawasi proses jalannya Pilkada serentak 2018. Terlebih, para PTPS dan PPL juga diharapkan lebih bisa mencegah pelanggaran dalam setiap tahapan Pemilukada. Alasannya, keberadaan para petugas panwas di tingkat desa dan TPS itu merupakan ujung tombak pengawasan.

Pernyataan itu ditegaskan Ketua Panwaslu Kabupaten Majalengka, H. Agus Asri Sabana, ketika menjadi narasumber rapat kordinasi teknis bersama PPL dan Panwascam Kecamatan Palasah, Sabtu (2/6/2018). Agus menekankan bahwa keberadaan petugas panwas di desanya masing-masing harus berperan serta dengan lebih bijak.

Baca Juga:  Kinerja BUMD di Jawa Barat Belum Optimal

“Keberadaan dan eksistensi petugas panwas di desa dan TPS harus bisa mencegah pelanggaran. Jadi saya ingin menekankan supaya para pengawas ini tidak salah kaprah dalam memahami tugasnya,” ungkapnya.

Ditambahkannya, tugas panwas secara garis besar memang untuk mengawasi setiap tahapan dan proses Pemilukada. Namun, itu tidak boleh disalahgunakan dengan cara mencari dan merekayasa bentuk pelanggaran pemilu, karena hal tersebut justru telah salah dalam memahami tugas kepanwasan.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Untuk Pemilik Rasi Bintang Aries, Taurus dan Pisces

“Jadi sederhananya begini, tugas panwas itu memang harus menemukan adanya dugaan pelanggaran. Namun jangan sampai ketika tidak menemukan adanya pelanggaran, justru petugas itu malah mengada-ngadakan pelanggaran, merekayasa, ini yang salah kaprah dan fatal,” ujarnya.

Baca Juga:  Dikonsumsi Sejak Lama di Tiongkok, Ternyata Ini Manfaat Ginkgo Biloba Bagi Kesehatan

Agus mengingatkan agar petugas panwas tidak merasa dikejar-kejar laporan pelanggaran. Justru dengan tidak terjadinya pelanggaran di tempat itu, hal tersebut menunjukkan ada keberhasilan tersendiri.

“Intinya petugas panwas di desa dan TPS harus bisa berkordinasi dan bersilaturahmi dengan baik, di sana nanti tanamkan tentang pengetahuan dan harus bisa mengarahkan ‎supaya jangan sampai melanggar,” pungkasnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat