Pasien Covid-19 Dirawat di Selasar, RSHS Bandung Berikan Penjelasan

JABARNEWS | BANDUNG – Plh. Direktur Pelayanan Medik, Perawatan dan Penunjang RSHS, dr. Yana Akhmad Supriatna membenarkan foto yang beredar di jagat maya itu.

Sebelumnya, akun twitter @LOVE_AG4EVER memposting gambar yang menampilkan puluhan pasien Covid-19 di RSHS yang tidak mendapat perawatan dalam ruangan isolasi, melainkan di selasar atau teras Rumah Sakit.

Dr. Yana mengatakan, kondisi tersebut terjadi dua hingga tiga hari lalu ketika adanya peningkatan kedatangan pasien yang saat bersamaan itu sampai kedatangan per 50 orang lebih.

Baca Juga:  Berikut Data Pemilik Rumah dan Bangunan Terdampak Banjir Bandang di Cianjur

“Perawatan atau pelayanan saat itu mulai bergeser ke arah lobi atau selasar dari IGD. Jadi ada yang kami tempatkan brankar-brankar kami melakukan observasi sebelum pasien itu direlokasi,” kata Yana, Kamis (24/6/2021).

Dia mengungkapkan, foto yang beredar di media sosial itu bukan bersumber dari pihak RSHS Bandung. Oleh karena itu, Dr. Yana meminta semua masyarakat tidak menyebarluaskan foto pasien Covid-19 karena itu merupakan ranah privasi.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Keuangan 2 Juni 2022, Pemilik Rasi Bintang Aries dan Taurus

“Sebetulnya itu kan ada hak privasi dari pasien. Mudah-mudahan ini tidak sembarangan orang menyebarkan foto karena kan harus ada izin dulu,” ungkapnya.

Kini pihaknya akan menambah jumlah tempat tidur dalam waktu satu sampai dua ke depan, guna menghindari kejadian serupa.

Baca Juga:  Forkominda Kota Cirebon Nonton Bareng Film '22 Menit'

Penambahan tersebut terdiri dari ruang ICU sebanyak 53 ruangan, ruang isolasi non ICU atau transit isolasi mendapat penambahan 50 ruangan sehingga nantinya akan memiliki 336 ruangan.

“Dalam minggu ini kami bisa meningkatkan sehingga BOR sedikit menurun. Tetapi memang penurunan BOR ini bukan karena penurunan kasus tetapi kami berusaha untuk meningkatkan kapasitas tempat tidur yang disediakan,” tutupnya. (Red)