Pemkab Ciamis Bakal Black List Pengembang Yang Wanprestasi

JABARNEWS | CIAMIS – Pemkab Ciamis akan membuat regulasi untuk para pengembang perumahan di Kabupaten Ciamis. Itu setelah banyaknya kasus pengembang perumahan yang wanprestasi dengan tidak memenuhi kewajiban membangun seluruh prasarana sarana utilitas (PSU) yang dijanjikan sebelumnya.

Saat ini, DPRD tengah membahas Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) tentang tata cara penyerahan PSU dari Pengembang kepada Pemda. Raperda itu mengatur kewajiban bagi pengusaha perumahan agar menyerahkan laporan kepada Pemkab setelah seluruh pembangunan perumahan dinyatakan tuntas.

Apabila ada fasilitas PSU di sebuah proyek perumahan belum dibangun, maka Pemkab tidak boleh menerima laporan serta harus meminta pengusaha melengkapinya. Dalam aturan itu memuat sanksi hukum. Pengembang yang tidak memberikan laporan, apalagi wanprestasi, akan dikenakan sanksi adminstratif.

’’Sanksi yang termuat dalam raperda baru sebatas memberikan backlist kepada perusahaan dan pemiliknya, agar tidak diberikan izin apabila mengajukan perizinan mendirikan usaha perumahan lagi. Sanksinya hanya adminstratif, tidak sampai pidana,” kata Wakil Ketua Baperpemda (Badan Pembuat Peraturan Daerah) DPRD Ciamis, Ade Amran.

Baca Juga:  Terlibat Cinta Sesama Jenis, Dua Prajurit TNI Ini Langsung Dipecat

Ade menambahkan, pembahasan raperda tersebut masih berjalan dan masih ada kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan masukan. Menurutnya, setiap membuat Perda, DPRD Ciamis selalu mempersilakan kepada masyarakat untuk memberikan masukan.

’’Bahkan, kami selalu mengundang atau mendatangi perwakilan masyarakat untuk meminta masukan. Tapi masyarakat yang berinisiatif memberikan masukan pun akan kami tampung,” ujarnya.

Ade menjelaskan, raperda tata cara penyerahan PSU dari Pengembang ke Pemda merupakan usulan dari hak inisiatif DPRD. Pihaknya, sering kali mendapat keluhan dari masyarakat Ciamis karena banyak pengembang yang wanprestasi dengan tidak membangun semua fasilitas PSU, seperti jaringan listrik, jalan lingkungan, fasilitas sarana ibadah dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Ini Akun Resmi Info CPNS 2018

’’Kasus yang terjadi sering kali pengembang menawarkan hunian rumah dengan embel-embel akan membangun sejumlah fasilitas umum di dalam komplek perumahan. Tetapi setelah bangunan rumah semua jadi dan sudah dilakukan akad jual beli dengan konsumen, pengembang malah ingkar tidak membangun fasilitas tersebut,” ujarnya.

Untuk menghindari hal itu terjadi lagi, lanjut Ade, dalam aturan raperda tersebut ada kewajiban pengembang untuk melaporkan hasil progress-nya kepada Pemkab Ciamis setelah seluruh pengerjaan perumahan sudah selesai.

’’Artinya, Pemkab memiliki peran pengawasan agar seluruh pengembang perumahan tidak melakukan wanprestasi. Pemkab pun tidak hanya melakukan pengawasan, tapi bisa memberikan sanksi kepada pengembang atau tidak mau memenuhi seluruh fasilitas PSU,’’ terangnya.

Baca Juga:  Buruan Klaim 11 Kode Redeem FF Sabtu 24 Juni 2023, Ada Item Menarik Hingga Skin Senjata

Ade menambahkan, DPRD Ciamis tahun ini mengusulkan 7 raperda yang diajukan melalui hak inisiatif. Ketujuh Raperda itu yakni Reperda tentang Pengelolaan Sampah, Pengelolaan Barang Milik Daerah, Penyelenggaraan Penanaman Modal, Penyelanggaraan Bantuan Hukum untuk Rakyat Miskin, Kota Layak Anak, Tata Cara Penyerahan PSU dari Pengembang ke Pemda dan Pedoman Pembentukan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW).

’’Ada pula beberapa Raperda yang diusulkan dari Pemkab Ciamis. Saat ini pembahasannya sedang dilakukan. Mudah-mudahan pada Oktober sudah ada Raperda yang disahkan. Dan raperda tentang tata cara penyerahan PSU dari Pengembang ke Pemda salah satu Raperda yang bisa disahkan tahun ini,” pungkasnya. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat