Penguatan Ketahanan Pangan di Kota Bandung, Oded M Danial: Hayu Dukung Babareungan

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya menjaga, mengkreasi dan menginovasi pertanian perkotaan atau Urban Farming dalam rangka penguatan ketahanan pangan.

Terbaru, Pemkot Bandung program Rapatar (Rancangan Aksi Pangan Lestari). Program ini merupakan aksi pangan berkelanjutan dengan tujuan untuk mencapai ketahanan pangan keluarga yang rata. 

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meresmikan program Rapatar di Perumahan De Marrakesh, Kecamatan Rancasari, Kamis 14 Oktober 2021.

Baca Juga: Inilah Deretan Daftar Hitam yang Dibolokir Facebook, Ada Nama Habib Rizieq

Baca Juga: Mahreni Minta TP PKK Tebing Tinggi Aktif Dalam Penanganan Covid-19

Selain itu, diresmikan juga Buruan SAE P2L atau Pekarangan Pangan Lestari sebagai penguatan Buruan SAE yang didukung pemerintah pusat dan provinsi.

Baca Juga: Bahaya Nggak Sih Ketika Haid Darahnya Menggumpal? Ini Penjelasannya

Baca Juga: Tiga Cara Meringankan Benjolan Pada Payudara Menurut Dr. Zaidul Akbar

Baca Juga:  Hyundai Siap Berikan Pelayanan Service Terbaik Melalui Inovasi After Sales

Oded mengungkapkan, Kota Bandung sebagai kota metropolitan hampir 96 persen lebih pangannya  didatangkan dari berbagai daerah luar Kota Bandung, bahkan luar Jawa Barat.

Untuk itu, Pemkot Bandung melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian telah menciptakan beberapa inovasi dan program unggulan. Di antaranya Buruan SAE atau kebun di perkotaan yang terintegrasi terus bergerak dalam membangun ketahanan pangan. Buruan SAE telah memperoleh apresiasi dari sejumlah pihak.

“Sebagai kota metropolitan, Kota Bandung  tidak punya sawah yang luas seperti kabupaten atau daerah lain. Insyaallah Bandung akan menjadi kota yang istimewa sangat juara kalau masyarakatnya bisa mandiri pangan” kata Oded.

“Dalam rangka penguatan ketahanan pangan,  Kota Bandung terus melakukan terobosan-terobosan dalam melaksanakan ‘ngageulisan’ wilayah Kota Bandung. Di antaranya dengan program Buruan SAE,” imbuhnya.

Baca Juga:  PT Jaserindo Purwakarta Gelar Family Gathering

Baca Juga: Hikmah Pandemi Covid-19, Ketua KPED: Koneksi Sosial Dan Pemulihan Ekonomi

Baca Juga: Atlet Jawa Barat Peraih Emas di PON Papua Pulang Naik Bus Umum, Ridwan Kamil: Ia Ingin Bikin Surprise

Ia pun mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua stakeholder yang terus berkolaborasi mendukung program-program Pemkot Bandung. Utamanya di bidang ketahanan pangan.

Baca Juga: Korban Keracunan di Indramyau Terus Bertambah, Polisi Cek Sampel Makanan Tahlilan

Baca Juga: Bahaya Nggak Sih Ketika Haid Darahnya Menggumpal? Ini Penjelasannya

“Saya ingin menyampaikan apresiasi mengucapkan terima kasih, kepada semua stakeholder secara pentahelix, perusahaan, akademisi, tokoh masyarakat. Bahkan alhamdulillah kita mendapat kekuataan kolaborasi bersama TNI Polri,” ujarnya.

Untuk itu, Oded pun mengajak kepada seluruh warga masyarakat Kota Bandung untuk secara bersama mendukung program ketahanan pangan.

“‘Hayu urang dukung babareungan’ yang namanya pertanian terpadu atau Buruan SAE di Kota Bandung ‘sasareungan’,” ajaknya.

Baca Juga:  Pantau Sejumlah Mal, Walikota Cirebon: Pengelola Harus Patuhi SOP

Di tempat sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Gin Gin Ginanjar mengatakan dengan adanya Rapatar, Kota Bandung bisa menciptakan pangan lestari.

Baca Juga: Ini Enam Cara Membuat Barcode QR Sendiri di HP

Baca Juga: Mahreni Minta TP PKK Tebing Tinggi Aktif Dalam Penanganan Covid-19

“Akan dimulai serentak penanaman dalam rangka Bandung Menanam Jilid III. Kemudian ada kegiatan AMIK atau Aksi Mitigasi Infamasi Multikultura melalui penanaman bawang merah dan cabai merah,” tuturnya. 

“Ada juga Green systemable Investment yaitu penandatanganan MoU kerja sama antar beberapa institusi pendidikan dan perusahaan dengan DKPP dan kelompok tani,” jelasnya.

Kegiatan Rapatar ini dilaksanakan sekaligus dalam memperingati Hari Tani Nasional pada 24 September 2021 dan Hari Jadi Kota Bandung 25 September 2021. (Yan)