Polisi Selidiki Kasus Pembuangan Limbah Medis Sembarangan di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kasus pembuangan limbah medis yang berserakan persis di area parkir Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bunda Fathia yang terletak di Jalan Ibrahim Singadilaga, Kelurahan Purwamekar, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, tengah diselidiki pihak Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta

Kapolres Purwakarta, AKBP Ali Wardana melalui Kasat Reserse Kiriminal (Satreskrim), AKP Fitran Romajimah mengatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan klarifikasi langsung ke lapangan bersama dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purwakarta guna mengetahui secara pasti atas kejadian limbah sisa medis yang di duga dibuang secara sembarangan oleh pihak RSIA Bunda Fathia.

Baca Juga:  Dua Negara Putuskan Tarik Produk Mie Sedaap dari Pasaran, Ini Penyebabnya

“Kita sudah melakukan klarifikasi langsung ke lapangan bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta,” ucap Fitran, pada Jumat (16/7/2021).

Menurut Fitran, sejauh ini pihaknya sudah melakukan pemeriksaan dari beberapa karyawan di RSIA Bunda Fathia serta membawa beberapa sample dari limbas medis tersebut.

“Kami juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap para karyawan di Rumah Sakit tersebut. Kemudian beberapa sample yang di duga limbah medis sudah kita amankan untuk di lakukan pengecekan,” jelasnya.

Baca Juga:  Bakso Tumpeng di Plered Ramaikan Kuliner Purwakarta

Tak hanya itu, Fitran menambahkan, pihaknya juga akan memeriksa beberapa dokumen penting lainnya seperti yang berkaitan dengan pengelolaan limbah dari RSIA Bunda Fathia itu tersebut.

“Kemudian kita juga akan melakukan pemeriksaan dokumen terkait dengan pengelolaan limbah di sana (RSIA Bunda Fathia),” ungkap Fitran.

Baca Juga:  Tiga Cara Meredakan Sakit Gigi Sebelum ke Dokter

Ia merinci, jenis limbah medis tersebut yakni berupa, sisa pemakaian masker, sisa pemakaian botol infusan, serta sisa pemakaian sarung tangan medis.

“Kami juga sudah mengamankan barang bukti berupa limbah medis. Kami masih melakukan penyelidikan terkait kasus ini,” tungkasnya.

Sampai saat ini, belum ada keterangan resmi apapun dari pihak RSIA Bunda Fathia terkait pembuangan limbah medis yang berserakan tepat di area parkir dari RSIA tersebut. (Gin)