Polres Ciamis Dan TNI Bersih-bersih Pantai Pangandaran

JABARNEWS | CIAMIS – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara Ke-72, Polres Ciamis bersama jajaran TNI menggelar kegiatan bhakti sosial (baksos) dengan cara bersih-bersih sampah di kawasan Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Sebelum bersih-bersih pantai, peserta baksos terlebih dahulu menggelar apel yang dipimpin langsung Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso, dengan komandan apel Panit I Lantas Polsek Pangandaran Ipda Anang Tri, di halaman parkir Nanjung Asri Pantai Barat Pangandaran.

Dalam sambutannya, Bismo mengatakan, dengan digelarnya bhakti sosial bersih-bersih pantai ini, diharapkan bisa menjadi motivasi bagi warga sekitar maupun wisatawan untuk bersama-sama menjaga kebersihan di sekitar kawasan pantai.

Baca Juga:  Bahan Makanan Ini Dilarang Disimpan di Kulkas, Ini Dampaknya

“Apabila kawasan pantai bersih, tentunya wisatawan akan betah berlama-lama tinggal di Pangandaran. Dampak dari itu, dipastikan kunjungan wisatawan bakal meningkat. Dan pada gilirannya akan menggeliatkan perekonomian di kawasan wisata serta meningkatkan PAD Pangandaran. Tentu hal itu akan menguntungkan warga Pangandaran,” ungkapnya seperti dikutip harapanrakyat.com.

Menurut Bismo, budaya hidup bersih harus diawali dari hal yang terkecil, dari mulai kesadaran menjaga kebersihan untuk diri sendiri, di sekitar rumah sampai menjaga kebersihan di lingkungan sekitar.

“Mari kita budayakan hidup bersih dari hal terkecil dulu, seperti membuang sampah pada tempatnya dan tidak mengotori lingkungan sekitar. Kalau semua orang sadar akan hal itu, Insya Allah lingkungan di sekitar kita akan bersih dan terawat dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga:  Menteri BUMN: Masyarakat Jangan Gaduh, Stok Beras Aman Hingga Lebaran

Bismo menyebutkan, selain menggelar bakti sosial, pihaknya pun memberikan bantuan berupa bak sampah sebanyak 10 unit untuk dipasang di sekitar kawasan wisata pantai Pangandaran.

“Sebagai kawasan objek wisata, masyarakat Pangandaran harus menunjukkan kepada wisatawan bahwa kita sangat peduli dengan kebersihan, terutama di kawasan wisata. Kami dari Polri dan TNI akan selalu mendukung dan siap membantu untuk kemajuan Pangandaran,” katanya.

Sementara itu, pada acara tersebut, selain dihadiri sekitar 700 tamu undangan, juga dihadiri para petinggi Polri dan TNI dari seluruh kesatuan, diantaranya Dandim 0613/Ciamis Letkol Arm Reza Nur Patria, Danlanud Wiriadinata Tasikmalaya Letko Pnb M Pandu Adi Subrata, Asda II Kabupaten Pangandaran Apip Winayana, Danpos AL Pangandaran Peltu Dayat Hidayat, Pasiter Kodim 0613/Ciamis Kapten Inf Suharto, para Danramil se-Kabupaten Pangandaran, para Kapolsek se- Kabupaten Pangandaran, Ketua Persit, Ketua Kartika Chandra Kirana beserta anggota Polri dan TNI.

Baca Juga:  Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Majalengka Rekrut 55 Relawan Demokrasi

Selain dari Polri dan TNI, sejumlah tokoh masyarakat, LSM, Ormas, para pelajar tingkat SD, SMP serta SMA di Pangandaran juga turut hadir pada acara tersebut. (Anh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat