Ternyata Inilah Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

JABARNEWS | BANDUNG – Sakit kepala memang dapat terjadi kapan saja, termasuk saat anda bangun tidur di pagi hari. Untuk mencari obatnya, anda harus lebih dulu tahu apa yang penyebabnya.

Rasa sakit seperti keadaan berputar, jalan menjadi tidak seimbang hingga pandangan yang gelap seketika membuat anda sulit beranjak dari tempat tidur dan mual pada perut. Berikut di bawah ini adalah penyebab terjadinya sakit kepala saat bangun tidur, diantaranya:

Migrain

50% orang yang mengalami sakit kepala saat bangun tidur memiliki riwayat penyakit migrain atau sakit kepala sebelah. Rasa pusing yang anda alami biasanya terjadi pada pukul 04.00 sampai 09.00 WIB. Pada waktu tersebut biasanya kualitas tidur mulai gelisah dan tidak nyaman. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan anda alami sakit kepala dan mata berkunang-kunang saat terbangun. Untuk mengatasinya anda dapat meminum ibuprofen untuk membantu meredakan gejala migrain.

Baca Juga:  Tol Cisumdawu Batal Dipakai Mudik

Insomnia

Orang yang memiliki pola tidur tidak teratur seperti penderita insomnia cenderung memiliki potensi lebih besar mengalami sakit kepala saat terbagun. Jika anda terbiasa tidur dengan jam yang tidak teratur, maka sistem hipotalamus, salah satu bagian otak yang berfungsi mengatur jam tidur seseorang menjadi terganggu. Sehingga tidak heran, pada saat terbangun Anda menjadi sangat pusing, karena jam biologis di dalam tubuh secara alami akan ikut berubah.

Tekanan Darah Rendah

Kurangnya vitamin B12 pada seseorang bisa menyebabkan anda terkena tekanan darah rendah. Hal ini juga memicu terjadinya gangguan jantung, pendarahan saat hamil dan dehidrasi, karena tubuh kekurangan sel darah merah. Pada saat tidur, biasanya tubuh menghabiskan banyak cairan dan hal inilah yang akhirnya menyebabkan penderita tekanan darah rendah merasa pusing karena kurangnya asupan vitamin B12 dan tubuh mengalami dehidrasi. Selain rasa pusing, biasanya anda sering merasakan kesemutan, mudah mengantuk dan tidak nafsu makan.

Baca Juga:  Ratusan Pengendara Di Purwakarta Terjaring Razia

Terbangun Secara Mendadak

Suara kencang, bunyi telepon, atau mimpi buruk sering membuat anda akhirnya terbangun secara tiba-tiba yang menyebabkan kepala menjadi pusing. Hal ini membuat otak belum bekerja maksimal, maka aliran oksigen di dalam kepala belum sepenuhnya mengalir sempurna ke seluruh tubuh yang menyebabkan keseimbangan anda terganggu, hingga merasakan pusing hingga mual.

Baca Juga:  Manfaat dan Efek Samping Rambutan yang Perlu Diketahui

Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Menurut dr. Richard Liebowitz, selaku president of New York-Presbyterian Brooklyn Methodist Hospital, terdapat beberapa jenis obat tidur yang justru bisa menyebabkan anda mengalami sakit kepala saat terbangun. Misalnya triptan forte dan excedrin, jenis obat ini dapat membuat anda lebih cepat tidur pulas, namun pada saat terbangun maka kepala terasa sangat berat, pusing dan pandangan menjadi buram.

Itulah tadi penyebab terjadinya sakit kepala saat bangun tidur. Ada baiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter untuk mencari tahu penyebab pastinya dan pengobatannya yang tepat. Semoga info di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari glitzmedia.co

Jabarnews | Berita Jawa Barat