Mengenal Manfaat Garam Epsom Bagi Kesehatan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Garam epsom merupakan garam laut biasa, tapi telah diberi campuran magnesium sulfat dan oksigen. Bukan tanpa alasan orang-orang suka menggunakan garam epsom buat mandi.

Garam untuk campuran mandi dan berendam dikenal sebagai garam epsom. Alih-alih punya rasa asin, jenis garam yang satu ini justru pahit ketika kamu sentuhkan ke lidah. Namun dibalik itu, terdapat banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat garam epsom bagi kesehatan tubuh yakni:

Baca Juga:  Soal Program ASO, Lembaga Penyiaran Swasta Nasional Sebut Temukan Kendala, Apa?

Pertama. Buat Tidur Nyenyak – Berendam dengan air hangat yang dicampur garam epsom di dalam bathtub sebelum tidur bisa membuat kualitas tidurmu lebih baik! Ini karena larutan garam epsom yang mengandung magnesium dapat membantu tubuh memproduksi hormon melatonin.

Maka dari itu, orang-orang dengan gangguan tidur, seperti insomnia ataupun susah untuk deep sleep, sangat direkomendasikan untuk memakai garam epsom. Namun, pastikan juga kamu tidur di atas kasur yang nyaman agar makin pulas.

Baca Juga:  Jelang Hari Guru Nasional dan PGRI, Pemkab Purwakarta Salurkan Bantuan

Kedua. Meredakan Stres – Garam epsom termasuk mujarab untuk meredakan tingkat stres. Magnesium yang terkandung di dalam garam epsom inilah yang membantu otak menghasilkan neurotransmitter, sekaligus membantu tubuh memproduksi hormon melatonin yang membuat kamu lebih rileks. Alhasil, stres tingkat tinggi pun akan hilang.

Ketiga. Atasi Sembelit – Pencernaan kamu juga bisa membaik dengan penggunaan garam epsom yang tepat. Garam epsom disebut-sebut ampuh membantu mengatasi masalah sembelit yang mengganggu.

Baca Juga:  Inovasi Perpustakaan Purwakarta, Digitalisasi Koleksi Buku

Kamu hanya perlu minum secangkir air yang sudah dicampur sekitar 2 sendok teh garam epsom. Ini akan membantu menarik air ke rongga usus sehingga pergerakan usus lebih lancar dan feses menjadi lebih lunak. Campuran air dengan garam epsom memang pahit, tapi khasiatnya pantas dicoba. (Red)