Inilah Pentingnya Menjaga Kesehatan Saat Pandemi dengan Pola Hidup Sehat

JABARNEWS | BANDUNG – Saat ini, setiap orang harus peka terhadap pentingnya menjaga kesehatan saat pandemi. Hal itu karena virus Covid-19 yang belum usai dan bahkan menimbulkan penderita lebih banyak. Selain itu, biasanya virus banyak menyerang kepada orang yang imunnya rendah. Maka dari itu, sebagian besar pasien covid-19 adalah orang lanjut usia. Sebab, kekuatan daya tahan tubuhnya sudah berkurang.

Meskipun begitu, anak-anak hingga dewasa juga harus menjaga stamina tubuh agar tetap stabil. Jadi, tidak akan ada virus yang berhasil menyerang. Menjaga kesehatan bukan hanya dari tubuh saja, melainkan juga pada mental.

Cara Menjaga Kesehatan Saat Pandemi
Jika setiap orang merasa bahwa menjaga kesehatan saat pandemi itu penting. Tentunya akan berupaya untuk selalu membuat stamina dan daya tubuh stabil. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Resep Olahan Tumis Tofu Saus Tiram, Mudah Untuk Dibuat!

Baca Juga: Kabar Baik bagi Warga Kota Bandung Terkait Kasus Covid-19 dan Kebijakan Pemerintah

Baca Juga: Waspada! Ini Bisa Jadi Tanda Tubuh Kalian Banyak Sampahnya

Baca Juga:  Loloskan 2 Orang Ini di Seleksi Anggota BPK, Puan Maharani Akan Digugat

1. Menerapkan Pola Hidup Sehat
Langkah awal untuk menjaga kesehatan ialah menerapkan pola hidup sehat dalam sehari-hari. Khususnya menjaga pola makan dan nutrisi dari makanan tersebut. Sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi menu siap saji.

Lebih baik memanfaatkan tumbuhan alami, seperti sayuran dan buah-buahan. Sebab, dalam tumbuhan tersebut mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, juga tidak menimbulkan efek samping.

Berbeda halnya pada makanan instan. Bahan pengawet yang terkandung di dalamnya bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Meskipun tidak dapat dirasakan langsung, tetapi dalam jangka waktu lama akan berbahaya.

2. Selalu Berpikir Positif
Jangan terlalu panik terhadap kondisi pandemi saat ini. Usahakan tetap tenang dan selalu berpikir positif. Hal itu akan sangat membantu dalam menjaga daya tahan tubuh. Sebab, jika pikiran selalu mendatangkan hal negatif, maka perasaan cemas akan mempengaruhi kesehatan. Selain itu, akan sulit menjaga pola makan dan tidur, sehingga tidak tercukupi dengan baik.

Baca Juga:  Ketahanan Pangan Jawa Barat Diklaim Aman, Herry Dermawan Justru Mempertanyakan Nasib Para Petani

Baca Juga: Hati-hati! Ini Yang Akan Terjadi Jika Rebahan Setelah Makan

3. Istirahat yang Cukup
Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh ialah mengatur waktu tidur, sehingga bisa beristirahat dengan cukup. Dengan begitu, tubuh akan selalu segar dan tidak kelelahan. Pada umumnya, jam tidur yang baik adalah sebelum pukul 11 malam. Waktu tersebut merupakan momen terbaik untuk tubuh beristirahat setelah seharian beraktivitas.

Pada usia dewasa, waktu tidur ideal yaitu 7 sampai 9 jam. Mengistirahatkan tubuh dengan cukup bukan hanya saat pandemi, tetapi jadikanlah kebiasaan sehari-hari. Sebab, seseorang yang tidak mencukupi kebutuhan tidurnya, maka akan rentan terserang penyakit berbahaya.

Baca Juga: Dinsos Kota Bandung Sebut Pembaharuan Data Jadi Kunci Pengentasan Kemiskinan

4. Menghindari Stres
Cara menghindari stres ialah dengan mengontrol emosi dengan baik. Menghadapi segala masalah yang datang dengan sikap tenang. Dengan begitu, tidak akan menjadi beberapa pikiran yang berat. Lakukan berbagai aktivitas dengan perasaan senang. Itu akan membantu membuat semua pekerjaan terasa mudah. Jadi, aktivitas sebanyak apa pun tidak akan menjadi beban pikiran.

Baca Juga:  Disiplin Prokes, Pasar Atas Baru dan Pasar Melong di Cimahi Raih Penghargaan

Selain itu, jangan terlalu merasa kecewa jika dihadapkan dengan kegagalan. Bisa mengambil hikmah dari kejadian tersebut, kemudian mencobanya lagi. Dengan begitu, pikiran tidak akan tertekan yang bisa mengakibatkan kesehatan menurun.

5. Melakukan Olahraga Secara Rutin
Olahraga merupakan aktivitas yang tidak boleh terlewatkan. Meskipun selama pandemi hanya di rumah, bukan berarti tidak bisa berolahraga. Banyak gerakan olahraga saat pandemi yang dapat dipraktikkan di rumah. Diantaranya seperti yoga, plank, dan gerakan lainnya. Tinggal menyesuaikan saja dengan kemampuan masing-masing. Sebab, jenis gerakannya beragam, ada yang mudah dan sulit. Lakukan olahraga secara rutin, bisa setiap hari atau 3 kali dalam seminggu.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan saat pandemi. Di samping cara tersebut, tingkatkan perlindungan kesehatan Anda dengan memiliki asuransi kesehatan. Tujuannya untuk berjaga-jaga dari masalah kesehatan di masa depan. Dengan begitu, kehidupan bisa lebih nyaman dan tenang karena sudah ada cover dari asuransi. ***